Arista, Trio (2016) Peningkatan hasil belajar matematika materi keliling persegi dan persegi panjang melalui media papan berpaku kelas III SDN 2 Gedangan Kabupaten Tulungagung / Trio Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arista Trio 2016 Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KelilingPersegi dan Persegi panjang Melalui Media Papan Berpaku Kelas III SDN 2 Gedangan Kabupaten Tulungagung Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si (2) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. Kata kunci Matematika hasil belajar media papan berpaku Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas III SDN 2 Gedangan Kabupaten Tulungagung pada proses pembelajaran matematika menunjukan guru masih banyak menggunakan metode ceramah terpusat kepada guru dan tidak menggunakan alat peraga. Sedangkan dari hasil wawancara dengan siswa permasalahan yang ditemukan adalah siswa kesulitan memahami konsep materi yang diajarkan dan pembelajaran membosankan.Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa dimana 14 dari 25 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media papan berpaku dalam pembelajaran matematika dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penggunaan media papan berpaku. Penelitian ini adalah jenis peneltian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitan adalah siswa kelas III SDN 2 Gedangan Kabupaten Tungagung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan.Analisis data dilakukan langkah berupa reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media papan berpaku persentase aktivitas guru meningkat dari 95 % dengan kriteria sangat baik pada siklus I menjadi 100% dengan kriteria baik pada siklus II. Aktivitas siswa berupa aspek psikomotor dan afektif juga meningkat. Diketahui bahwa hasil observasi aktifitas siswa pada siklus 1 persentase 78% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 100% dengan kriteria sangat baik pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 59 kriteria kurang dan ketuntasan kelas 44% kriteria kurang sekalipada pratindakan menjadi rata-rata 79 kriteria baik dan ketuntasan kelas 60% kriteria cukup pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi rata-rata 92 kriteria sangat baik dan persentase ketuntasan 88% kriteria sangat baik. Kesimpulan bahwa penggunaan media papan berpaku dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada guru untuk menggunakanmedia papan berpaku dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang agar aktivitas dan hasil belajar siswa bisa lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |