Membangun karakter peduli lingkungan melalui pendidikan lingkungan hidup dalam latar sekolah adiwiyata (studi multi situs SMAN 2 dan SMAN 10 Malang) / Chalia Chistella

Chistella, Chalia (2019) Membangun karakter peduli lingkungan melalui pendidikan lingkungan hidup dalam latar sekolah adiwiyata (studi multi situs SMAN 2 dan SMAN 10 Malang) / Chalia Chistella. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chistella, Chalia. 2018. Membangun Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Latar Sekolah Adiwiyata (Studi Multi Situs SMAN 2 dan SMAN 10 Malang). Tesis. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si; (2) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D. Kata Kunci: Pendidikan Lingkungan Hidup, Adiwiyata, karakter peduli lingkungan Penelitian ini mengkaji implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam latar sekolah Adiwiyata serta karakter peduli lingkungan sebagai output Pendidikan Lingkungan Hidup dalam latar sekolah Adiwiyata. Oleh karena itu dilakukan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian multi situs. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator adiwiyata, guru, serta siswa di SMAN 2 Malang dan SMAN 10 Malang. Kedua sekolah ini dipilih karena berstatus Adiwiyata mandiri dengan berbagai kebijakan yang berbeda antar sekolah. Implementasi PLH pada sekolah adiwiyata secara holistik haruslah berbasis lingkungan. Oleh karena itu kebijakan yang diberlakukan juga harus berbasis lingkungan. Kebijakan diawali dengan visi dan misi sekolah yang berorietasi pada kelestarian lingkungan. Kesamaan antara kedua sekolah nampak dalam visi misi sekolah yang mengharapkan output siswa berbudaya lingkungan. Menumbuhkembangkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik dapat dilakasanan melalui pengembangan sikap yang diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran. Program PLH menggunakan kurikulum yang berwawasan lingkungan. Hal ini terlihat pada kaitan nilai karakter peduli lingkungan dengan RPP. Ini artinya karakter peduli lingkungan telah tercakup dalam SK dan KD. Kegiatan warga sekolah berbasis partisipatif dilakukan masing-masing sekolah dengan melibatkan pihak sekolah maupun pihak luar. Jenis kegiatan yang dilakukan kedua sekolah sangat berbeda, sebab berbagai kegiatan akan menyesuaikan dengan kondisi awal sekolah. Berbagai kegiatan ini juga ditunjang dengan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan. Pendidikan Lingkungan Hidup pada masing-masing sekolah dapat berjalan dengan baik dengan didukung oleh keempat komponen adiwiyata. Implementasinya terbukti telah menumbuhkembangkan karakter peduli lingkungan siswa di SMAN 2 Malang dan SMAN 10 Malang. Hal ini terlihat dari indikator (1) membiasakan untuk selalu memelihara kebersihan serta kelestarian lingkungan; (2) Membuang sampah pada tempatnya; (3) Mencuci tangan; (4) Pembiasaan hemat energi; dan (5) Melakukan 3R (reduce, reuse, recycle). Meskipun demikian, terdapat beberapa indikator karakter peduli lingkungan yang masih tergolong rendah, yaitu Pembiasaan pemilahan jenis sampah, yakni organik dan anorganik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62452

Actions (login required)

View Item View Item