Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Khairun Ternate pada mata kuliah geografi sumber daya lahan / Andi Umaternate - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Khairun Ternate pada mata kuliah geografi sumber daya lahan / Andi Umaternate

Umaternate, Andi (2019) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa Universitas Khairun Ternate pada mata kuliah geografi sumber daya lahan / Andi Umaternate. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umaternate Andi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar kognitif dan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si (2) Syamsul Bachri S. Si. M. Sc . Ph. D. Kata Kunci Project Based Learning Hasil Belajar kognitif Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor secara garis besar dapat dikelompokkan dalam dua faktor yaitu internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh dosen. Penulisan karya tulis ilmiah oleh mahasiswa dalam pelaporan hasil dari tugas sangat diperlukan. Karya tulis ilmiah yang dibuat merupakan hasil dari proyek yang mereka kerjakan. Hasil Belajar geografi dan kemampuan menulis karya tulis ilmiah menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam pendidikan geografi. Tujuan penelitian ini agar mahasiswa dapat meningkatkan nilai hasil belajar dan mahasiswa mampu menuangkan ide serta gagasan dalam bentuk tulisan yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain. Penelitian ini dilakukan di Universitas Khairun Ternate pada Program Studi Pendidikan Geografi dengan tujuan 1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa 2) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa Universitas Khairun Ternate. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang tergolong dalam eksperimen semu (quasi experimen). Subjek penelitian adalah mahasiswa geografi semester lima. Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan tes essay hasil belajar kognitif dan rubrik penilaian kemampuan menulis karya tulis ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai 42.12 sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai 32.61. 2) model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai 39.09 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 29.04. Dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model PjBL dapat menambah pengetahuan baru dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun diluar kelas. Saran PjBL merupakan salah satu solusi untuk mendukung peningkatan hasil belajar mahasiswa geografi dan kemampuan penulisan karya tulis ilmiah sehingga disarankan kepada para dosen geografi sebaiknya dapat menerapkan model Project Based Learning sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan penulisan karya tulis ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62450

Actions (login required)

View Item View Item