Pengaruh model pembelajaran group investigation dan gaya berfikir terhadap keterampilan geografi siswa SMA Ternate / Bahtiar Latif

Latif, Bahtiar (2019) Pengaruh model pembelajaran group investigation dan gaya berfikir terhadap keterampilan geografi siswa SMA Ternate / Bahtiar Latif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahtiar, Latif. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Gaya Berpikir terhadap Keterampilan Geografi. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Dr. Budi Handoyo, M.Si Kata Kunci: Group Investigation (GI), Gaya Berpikir, Keterampilan Geografi Pembelajaran geografi yang diterampkan pada sekolah menegah atas (SMA) kota Ternate belum menggunakan teori konstruktivisme, oleh karena itu siswa belum menumbuhkan kemampuan dan belum membangun pengetahuan pada diri mereka. Oleh karena itu penggunaan model GI tujuannya adalah menekankan pada partisipasi dalam kelompok yang kolaboratif, individu, dan aktivitas siswa serta motivasi mencari (informasi) berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan diselidiki. Teori pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah teori konstruktivisme dan sesuai keunggulan model GI yang bermanfaat bagi siswa dan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) dan gaya berpikir terhadap keterampilan geografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Pretest-Posttest Control Group Desain. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMAN 1 dan 2 Ternate. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. SMAN 1 kelas eksperimen yaitu kelas X IS.II dan kelas kontrolX IS. I.SMAN 2 kelas eksperimen yaitu kelas X IS. II dan kelas kontro lX IS. I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) analisis gain score melalui Anova menunjukkan bahwa nilai keterampilan geografi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari siswa kelas kontrol, oleh karena itu model GI berpengaruh terhadap keterampilan geografi maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima; (2) analisis gain score melalui Anova menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh gaya berpikir terhadap keterampilan geografi maka hipotesis H1 ditolak dan Ho diterima; (3) analisis gain score melalui Anova menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara model GI dan gaya berpikir terhadap keterampilan maka hipotesis H1 ditolak dan Ho diterima. Model pembelajaran group investigation berpengaruh signifikan terhadap keterampilan geografi siswa SMA Ternate. Hal ini karena dalam pembelajaran GI siswa terlatih mengidentifikasi masalah, melakukan observasi untuk pengambilan data, menganalisis data, membuat table, grafik, untuk dijadikan laporan akhir berupa karya ilmiah (artikel). Gaya berpikir tidak berpengaruh terhadap keterampilan geografi dikarenakan soal keterampilan geografi secara keseluruhan tidak seimbang dalam angket gaya berpikir divergen dan konvergen. Oleh karena itu gaya berpikir dan model GI tidak ada interaksi signifikan terhadap keterampilan geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62449

Actions (login required)

View Item View Item