Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan geografi dalam perspektif gaya belajar / Fiqih Ainal Farah

Farah, Fiqih Ainal (2018) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan geografi dalam perspektif gaya belajar / Fiqih Ainal Farah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Farah, Fiqih Ainal. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Geografi dalam Perspektif Gaya Belajar. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Gaya Belajar, Keterampilan Geografi. Keterampilan geografi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam pembelajaran geografi. Geografi mempelajari permasalahan nyata yang bersifat kompleks, sehingga diharapkan peserta didik dapat memiliki keterampilan geografi. Indikator keterampilan geografi antara lain: melakukan observasi untuk memperoleh data, menganalisis data secara keruangan dengan memperhatikan prinsip-prinsip geografi untuk memperoleh informasi,menyajikan data dengan tabel, grafik dan mengintrepretasikannya, mengkomunikasikan secara verbal maupun tulisan hasil analisis data. Agar keterampilan geografi dapat maksimal maka diperlukan dukungan model pembelajaran berupa PBL. Model PBL memiliki keunggulan dalam proses pembelajaran yakni dapat melatih peserta didik untuk menyelesaikan suatu permasalahan hingga memberikan solusi dan mengambil keputusan. Model PBL pada mata pelajaran geografi terbukti mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Akan tetapi, hal tersebut masih terbatas pada pengetahuan geografi, sementara pengaruhnya terhadap keterampilan geografi belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan geografi peserta didik, (2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan geografi peserta didik, (3) mengetahui interaksi antara model PBL dan gaya belajar terhadap keterampilan geografi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain faktorial 2x3. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.4 dan X.5 MAN Kota Batu. Data didapatkan dari soal pretest dan posttest untuk keterampilan geografi, dan angket untuk mengukur gaya belajar. Analisis data menggunakan two way annova dengan bantuan IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model PBL terhadap keterampilan geografi; (2) tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan geografi; (3) tidak ada interkasi antara model PBL dan gaya belajar terhadap keterampilan geografi. Saran yang dapat diajukan pertama, yakni guru dapat menggunakan model PBL karena terbukti berpengaruh terhadap keterampilan geografi peserta didik dan dapat mengakomodir gaya belajar peserta didik. Kedua, dapat dilanjutkan pada materi hidrosfer, atmosfer, dan kependudukan sehingga tidak hanya terbatas pada materi litosfer, gaya belajar, dan keterampilan geografi. Ketiga, peneliti selanjutnya diharapkan dapat memaksimalkan sintak dari PBL, sehingga hasil yang di dapatkan ketika penelitian juga maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62448

Actions (login required)

View Item View Item