Pelestarian lingkungan sekolah peraih adiwiyata mandiri di Kota Pekanbaru (studi multi situs di SMA Negeri 1 Pekanbaru dan SMA Negeri 8 Pekanbaru) / Atika Maharani Syafril - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelestarian lingkungan sekolah peraih adiwiyata mandiri di Kota Pekanbaru (studi multi situs di SMA Negeri 1 Pekanbaru dan SMA Negeri 8 Pekanbaru) / Atika Maharani Syafril

Syafril, Atika Maharani (2018) Pelestarian lingkungan sekolah peraih adiwiyata mandiri di Kota Pekanbaru (studi multi situs di SMA Negeri 1 Pekanbaru dan SMA Negeri 8 Pekanbaru) / Atika Maharani Syafril. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Syafril Atika Maharani. 2018. Pelestarian Lingkungan Sekolah Peraih Adiwiyata Mandiri Di Kota Pekanbaru (Studi Multi Situs Di SMA Negeri 1 Kota Pekanbaru Dan SMA Negeri 8 Kota Pekanbaru). Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budijanto M.Si (2) Dr. I Nyoman Ruja M.Si. Kata Kunci Pengelolaan Lingkungan Budaya sekolah Adiwiyata Mandiri Kondisi lingkungan berubah terhadap manusia. Perubahan yang terjadi disebabkan karena pengaruh dari interaksi antara manusia dengan lingkungan. Kondisi lingkungan semakin terancam kelestariannya bahkan beberapa diantaranya telah mengalami penurunan kualitas. Pemerintah berupaya dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan melalui berbagai cara. Terdapat beberapa kebijakan mengenai Pelestarian lingkungan hidup melalui Adiwiyata. SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8 Pekanbaru merupakan contoh lembaga pendidikan yang telah menerapkan budaya sekolah berwawasan lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengorganisasian upaya pelestarian lingkungan dan karakteristik budaya sekolah berwawasan lingkungan di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif berlandaskan teori pilihan rasional individu. Pendekatan penelitian ini menggunakan multi-situs. Informan pada penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu informan pendukung dan informan kunci. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan kunci menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan reduksi display verifikasi yang dilalui setelah adanya pengecekan keabsahan data. Beberapa hasil telah didapatkan melalui proses penelitian. Perbedaan karakteristik kedua sekolah tersebut menjadi keunikan tersendiri dalam raihan penghargaan Adiwiyata Mandiri. Karakteristik budaya sekolah berwawasan lingkungan di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 8 Pekanbaru dapat dilihat dari pengkondisian warga sekolah melalui proses kebiasaan pembiasaan berbasis partisipasif keteladanan hukuman dan penghargaan. Pengorganisasian yang dibentuk dikedua sekolah yaitu untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti perencanaan penetapan tugas pemberian tugas pelaksanaan tugas monitoring kegiatan dan kegiatan evaluasi. Kegiatan yang diterapkan dalam rangka melestarikan lingkungan adalah dengan tetap melaksanakan setiap kegiatan lingkungan yang telah direncanakan secara simultan oleh pihak sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing sekolah pada dasarnya ditujukan untuk mengeksistensikan program lingkungan untuk tetap ada dan terus dilaksanakan meskipun terdapat perubahan kurikulum dan perubahan kebutuhan zaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62447

Actions (login required)

View Item View Item