Pengaruh Model Brain Based Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Geografi / Antonius Isodorus Doyrowa

Doyrowa, Antonius Isodorus (2018) Pengaruh Model Brain Based Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Geografi / Antonius Isodorus Doyrowa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Doyrowa, Antonius Isodorus. 2018. Pengaruh Model Brain Based Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Geografi. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U. Kata Kunci: brain based learning, motivasi berprestasi, hasil belajar geografi Model brain based learningmerupakan model pembelajaran bermakna yang memaksimalkan penggunaan otak siswa dalam membangun pengetahuan. Pelaksanaan model brain based learning selalu memberikan pengelaman belajar, bagi siswa. Setiap siswa dalam membangun pengalaman belajar memiliki cara yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh motivasi berprestasi yang dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pengaruh model brain based learning terhadap hasil belajar geografi; 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi; 3) hubungan antara model brain based learning danmotivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest none equivalent control group design, dan desain faktorial 2x2. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMAN 1 Golewa. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berdasarkan tekhnik purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu siswa kelas X IPS 2 dan kelas kontrol yaitu siswa kelas X IPS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh model brain based learning terhadap hasil belajar geografi. Pengaruh ini disebabkan oleh adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen yang yang menggunakan model brain based learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) adapengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi. Pengaruh ini disebabkan oleh adanya perbedaan motivasi berprestasi yang ada pada tiap-tiap siswa. Siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih menunjukkan rasa ingin tahu dan antusias dalam mengikuti pelajaran dibandingkan siswa dengan motivasi berprestasi rendah; (3) adahubungan antara model brain based learning dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi. Penggunaan model brain based learning akan semakin meningkatkan motivasi berprestasi siswa, karena pembelajaran terasa semakin menyenangkan dan berdampak pada hasil belajar geografi yang baik. Saran dari penelitian ini guru mata pelajaran geografi disarankan menggunakan model brain based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena terbukti dari hasil penelitian ini memberikan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62446

Actions (login required)

View Item View Item