Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving Treffinger (CPST) dan Skemata terhadap kemampuan berpikir spasial mahasiswa Prodi Ilmu Geografi / Zaqi Mubarok

Mubarok, Zaqi (2018) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving Treffinger (CPST) dan Skemata terhadap kemampuan berpikir spasial mahasiswa Prodi Ilmu Geografi / Zaqi Mubarok. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mubarok, Zaqi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Treffinger (CPST) dan Skemata terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Mahasiswa Prodi Ilmu GeografiÔÇØ. Tesis, Prodi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Komang Astina, M.S, Ph.D (II) Dr. Budi Handoyo, M.Si Kata kunci: Model CPST, Skemata, Berpikir Spasial Kemampuan berpikir spasial yang baik merupakan salah satu tujuan perkuliahan geografi. Permasalahan saat ini adalah berpikir spasial mahasiswa yang rendah karena jarang digunakan dalam perkuliahan. Hal tersebut juga terdapat dalam perkuliahan geografi ekonomi. Penggunaan model kekinian seperti CPST merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kemampuan spasial mahasiswa. Pengaktifan skemata juga memiliki peran untuk mempermudah perbaikan kemampuan spasial mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji tiga hal yaitu: (1) apakah model CPST memiliki pengaruh signifikan terhadap berpikir spasial. (2) apakah skemata berpengaruh terhadap kemampuan berpkir spasial. (3) apakah ada interaksi antara model CPST dan Skemata terhadap kemampuan berpikir spasial. Rancangan penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa offering G dan H prodi ilmu geografi UM 2017. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir spasial dan tes skemata. Analisis data dilakukan dengan two-way ANOVA menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model CPST berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir spasial. (2) skemata kompleks berpengaruh terhadap keterampilan berpikir spasial. (3) model CPST dan skemata berinteraksi secara signifikan terhadap keterampilan berpikir spasial. Rerata skor analisis interdependensi tertinggi, diikuti pemahaman koneksi, analisa proses ruang, mengukur lokasi dan yang terendah kemampuan analisa ketetanggaan. Berdasarkan temuan penelitian diajukan dua saran. Pertama, untuk memperbaiki keterampilan berpikir spasial, disarankan kepada tenaga pendidik menggunakan model pembelajaran CPST dengan mempertimbangkan asumsi waktu, pemahaman teknik, pembuatan pedoman, dan pemilihan topik yang sesuai. Kedua, bagi praktikan lain untuk memperhatikan skemata peserta didik lebih awal, sehingga dalam penyusunan instrument dapat selaras dengan indikator berpikir spasial. Ketiga bagi peneliti selanjutnya agar mempertimbangkan variabel moderator yang lain selain skemata agar memperkaya khasanah dimensi kemampuan berpikri spasial geografi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62445

Actions (login required)

View Item View Item