Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi SMA / Stefania Mariana Mbiri

Mbiri, Stefania Mariana (2018) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi SMA / Stefania Mariana Mbiri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mbiri Mariana Stefania. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar siswa Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 02 Kabupaten Ende. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.S. M.Si. Pembimbing (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Project Based Learning hasil belajar motivasi Belajar Hasil Belajar mata pelajaran Geografi SMA yang berada di kabupaten Ende sangat rendah dikarenakan siswa kurang memahami materi pembelajaran geografi. Hasil belajar yang rendah di pengaruhi oleh beberapa Faktor yaitu misalnya faktor Intern dan Faktor ekstern. Faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar yang siswa alami di Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran Geografi kelas XI di SMA Negeri 2 Kabupaten Ende Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa Mata Pelajaran Geografi kelas XI di SMA Negeri 2 Kabupaten Ende. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental design (desain eksperimen semu). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 di Kabupaten Ende semester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil analisis penelitian Ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa karena pembelajaran proyek bersifat kontektual yang meningkatkan pemahaman siswa Ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi siswa karena pembelajaran secara berkelompok yang meningkatkan semangat rasa senang kemauan siswa dalam kegiatan proyek. Saran Bagi guru penggunaan Model PjBL sangat penting untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran geografi Bagi Sekolah penggunaan model PjBL bukan hanya dari aspek kognitif tetapi ada aspek yang lainnya dan PjBL bukan saja untuk materi geografi tetapi mata pelajaran yang lainnya. Bagi peneliti selanjutnya instrumen penelitian lebih mendalam dan dikembangkan lagi sehingga kemampuan mengukurnya lebih baik. Karena pada dasarnya ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar selain angket dan soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62444

Actions (login required)

View Item View Item