Pengaruh model pembelajaran earth science system in the community (earthcomm) terhadap kemampuan berpikir kritis geografi peserta didik / Amalia Marend Kartika

Kartika, Amalia Marend (2018) Pengaruh model pembelajaran earth science system in the community (earthcomm) terhadap kemampuan berpikir kritis geografi peserta didik / Amalia Marend Kartika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kartika, Amalia Marend. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System in The Community (EarthComm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Peserta Didik. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (2) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran EarthComm, Kemampuan Berpikir Kritis Kurikulum 2013 yang sekarang sedang diterapkan di berbagai sekolah merupakan kurikulum yang menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Kenyataan yang ada di lapangan selama ini adalah masih banyak peserta didik yang kurang mempunyai kemampuan berpikir kritis, khususnya pada mata pelajaran geografi. Pembelajaran masih banyak yang bersifat konseptual dan belum bersifat inquiry karena metode yang digunakan guru masih konvensional (ceramah dan tanya jawab). Model pembelajaran Earth Science System in The Community (Earth Comm) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model EarthComm terhadap kemampuan berpikir kritis geografi peserta didik. Jenis penelitian termasuk eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Trenggalek semester genap 2017/2018. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan IBM SPSS Statistics 24. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal essay yang validitas serta reliabelitasnya telah diuji, kemudian diberikan pada saat sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis geografi kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran EarthComm berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis geografi peserta didik kelas X SMAN 1 Trenggalek disebabkan sintaks pada EarthComm mengajak peserta didik untuk melakukan pengamatan di lapangan secara langsung/riil. Melalui pengamatan langsung mereka dapat ikut merasakan dan memahami apa yang terjadi di lapangan sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Saran diberikan kepada guru mata pelajaran geografi diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran EarthComm yang memerlukan kemampuan berpikir kritis di dalamnya. Pihak sekolah khususnya urusan kurikulum diharapkan mampu berperan aktif dalam memberikan referensi, motivasi, dan memfasilitasi guru dalam menggunakan model EarthComm. Peneliti lanjut yang ingin melakukan penelitian tentang model pembelajaran EarthComm dapat menambah atau menggunakan variabel lainnya seperti keaktifan, minat, dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62442

Actions (login required)

View Item View Item