Pengaruh model pembelajaran time token berbasis outdoor study terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Geografi di SMA / Achmad Faisol Choliq

Choliq, Achmad Faisol (2018) Pengaruh model pembelajaran time token berbasis outdoor study terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Geografi di SMA / Achmad Faisol Choliq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Choliq, Achmad Faisol. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token berbasis Outdoor Study Terhadap Keaktifan Berlajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA. Tesis, Jurusan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D. (II) Syamsul Bachri, S.Si., M.Sc., Ph.D. Kata Kunci: Time Token, Outdoor Study, Keaktifan, Berfikir Kreatif Pendidikan adalah usaha yang dengan sengaja dirancang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pembelajaran merupakan proses interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru, agar peserta didik mendapat pengalaman belajar dari kegiatan tersebut. Time Token berbasis Outdoor Study adalah salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Time Token berbasis Outdoor Study mempunyai proses yang dapat meningkatkan keaktifan dan berfikir kreatif peserta didik untuk mempunyai semangat sepanjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token berbasis Outdoor Study terhadap keaktifan belajar dan kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1 Krembung. Penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan peserta didik dan soal tes yaitu pra-tes dan pasca-tes untuk memperoleh data kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji TTest yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Time Token berbasis Outdoor Study terhadap keaktifan belajar peserta didik. Peningkatan keaktifan peserta didik dikarenakan adanya sintak dalam model yang menuntut untuk aktif berdiskusi, bersaing dan mengajak keluar lapangan sehingga ada perasaan menikmati proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Time Token berbasis Outdoor Study terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif peserta didik dikarenakan diberikannya materi, kegiatan LKS dan pembahasan permasalahan yang sesuai dengan kondisi real disekitar mereka. Pada saat ingin melakukan Model pembelajaran Time Tooken berbasis Outdoor Study, guru perlu memperhatikan pengaturan waktu dan pengkondisian peserta didik. Peserta didik diajak keluar lapangan, dan pastinya membutuhkan waktu dan pengkondisionalan yang baik agar peserta didik benar-benar mengerjakannya LKS yang disediakan dengan serius. Selanjutnya, diperlukan ketegasan saat diadakannya tanya jawab per-denah, apabila tidak, maka peserta didik akan mengulur waktu dengan sendiri dan akan sulit untuk dikondisikan berpindah ke titik selanjutnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62441

Actions (login required)

View Item View Item