Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dilengkapi outdoor study untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS 1 Mojokerto / Tri Wahyu Makrifah

Makrifah, Tri Wahyu (2018) Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dilengkapi outdoor study untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS 1 Mojokerto / Tri Wahyu Makrifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 ABSTRAK Makrifah, Tri Wahyu. 2018. Penerapan model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dilengkapi Outdoor Study untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x ips 1 mojokerto. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd., (II) Dr. Budi Handoyo, M. Si. Keywords: Hasil Belajar, Minat, TGT(Team Game Turnament), Outdoor Study Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan model Team Game Turnament (TGT) dilengkapi Outdoor Study untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 1 di SMAI Walisongo Kabupaten Mojokerto yang berjumlah 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan Team Game Turnament (TGT) dilengkapi Outdoor Study ini dilakukan dengan sintak yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan refleksi. Hasil penelitian pembelajaran KD menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan telah tuntas bagi siswa kelas X IPS 1 SMAI Walisongo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto setelah mendapatkan tindakan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yang telah mencapai KKM. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM hanya 9 siswa dan menunjukkan berminat belajar ilmu geografi sebesar 51,35%, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 21 siswa dan menunjukkan berminat belajar ilmu geografi sebesar 78,38%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 37 siswa dan menunjukkan berminat belajar ilmu geografi sebesar 88,27%. Selain minat belajar siswa yang mengalami peningkatan, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang sebelumnya banyak nilainya di bawah KKM (- 75) sudah banyak yang di atas KKM sehingga dinyatakan tuntas dalam belajar geografi. Sehingga disarankan bagi guru geografi agar menggunakan model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dilengkapi Outdoor Study dalam pembelajaran geografi dengan kompetensi yang bercorak materi analisis seperti menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan maupun yang lainnya dan bagi Peneliti selanjutnya agar dapat dijadikan strategi dalam melakukan penelitian selanjutnya sehingga jika ada kekurangan dalam penelitian ini dapat disempurnakan oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62440

Actions (login required)

View Item View Item