Analisis kemampuan berpikir geospasial siswa SMA pada daerah rawan bencana alam menggunakan citra satelit di Malang Selatan / Nestia Arum Pambayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir geospasial siswa SMA pada daerah rawan bencana alam menggunakan citra satelit di Malang Selatan / Nestia Arum Pambayu

Pambayu, Nestia Arum (2018) Analisis kemampuan berpikir geospasial siswa SMA pada daerah rawan bencana alam menggunakan citra satelit di Malang Selatan / Nestia Arum Pambayu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pambayu Nestia Arum. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Geospasial Siswa SMA Pada Daerah Rawan Bencana Alam Menggunakan Citra Satelit di Malang Selatan. Tesis. Program Magister Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Komang Astina M. S Ph. D (2) Syamsul Bachri S.Si. M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Kemampuan berpikir geospasial pengetahuan dasar kebencanaan Rawan Bencana Kabupaten Malang bagian Selatan merupakan wilayah yang memiliki resiko bencana alam yang tinggi. Upaya dalam manajemen dan pengetahuan bencana semakin ditingkatkan dengan bertambahnya frekuensi bencana alam setiap tahunnya. Salah satu upaya dalam manajemen bencana yaitu melalui bidang pendidikan di sekolah. Geografi adalah mata pelajaran yang berperan dalam mengetahui potensi bencana alam di suatu wilayah berserta persebarannya. Kemampuan dalam menentukan lokasi dan persebaran tersebut memerlukan kemampuan berpikir geospasial. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan berpikir geospasial dan pengetahuan dasar kebencanaan siswa SMA di Kabupaten Malang Selatan. Kedua untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir geospasial terhadap pengetahuan dasar kebencanaan. Jenis penelitian ini adalah survey eksplanasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sumbermanjing SMAN 1 Bantur dan SMA PGRI Gedangan yang dipilih secara purposive. Penentuan lokasi penelitian berdasarkan pada tingkat kerawanan bencana alam di tiga Kecamatan tersebut. Teknik pengumpulan data dengan tes essai kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kemampuan berpikir geospasial siswa dan pengetahuan dasar kebencanaan di SMA Kabupaten Malang bagian Selatan tergolong sedang. Siswa yang sering memiliki pengalaman bencana alam kemampuan geospasialnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang jarang memiliki pengalaman bencana. (2) Kemampuan berpikir geospasial berpengaruh terhadap pengetahuan dasar kebencanaan. Saran dari hasil penelitian ini diantaranya kemampuan berpikir geospasial siswa sebaiknya ditingkatkan melalui pembelajaran geografi. Guru sebaiknya melakukan pembelajaran yang kontekstual dan kreatif. Selain itu materi mitigasi bencana lebih ditekankan pada pencegahan. Teknologi pengolahan data geospasial dapat menjadi alat representasi dalam kemampuan berpikir geospasial. Penelitian ini dapat dilanjutkan sebagai penelitian eksperimen atau penelitian kemampuan berpikir geospasial secara praktis di lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62439

Actions (login required)

View Item View Item