Pengaruh model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa geografi / Alif Reza Nurhadi

Nurhadi, Alif Reza (2018) Pengaruh model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa geografi / Alif Reza Nurhadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurhadi, Alif Reza. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Berpikir terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Mahasiswa Geografi. Tesis. Magister Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si; (2) Dr. Budi Handoyo, M.Si. Kata Kunci: Project based learning, gaya berpikir, kemampuan memecahkan masalah Kemampuan memecahkan masalah adalah bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thingking). Geografi dalam perkuliahan mempelajari permasalahan yang bersifat kompleks, sehingga mahasiswa diharapkan dapat mempunyai kemampuan memecahkan masalah. Peneliti menggunakan model Project based learning dan gaya berpikir untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel tersebut terhadap kemampuan memecahkan masalah. Indikator kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisi, menyimpulkan, menjabarkan alternatif solusi, memilih alternatif solusi terbaik, memonitoring indikator keberhasilan dan tindak lanjut dari solusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara mahasiswa yang diajar dengan model project based learning dan mahasiswa yang diajar dengan model konvensional (2) perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konvergen (3) interaksi antara model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain 2x2 faktorial. Subjek penelitian adalah mahasiswa geografi Universitas Negeri Malang offering G dan H. Penentuan kelas dalam penelitian didasarkan pada nilai rata-rata hasil belajar pada mata kuliah pengantar geografi. Hal ini dikarenakan dasar untuk dapat menganalisis permasalahan dengan pendekatan geografi ada pada mata kuliah pengantar geografi. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes kemampuan memecahkan masalah, angket gaya berpikir divergen dan konvergen. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji two way anova dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara mahasiswa yang belajar dengan model project based learning dengan mahasiswa yang belajar dengan model konvensional dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,050, (2) tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara mahasiswa yang mempunyai gaya berpikir divergen dengan mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konvergen dengan nilai signifikansi 0,394 > 0,050, karena gaya berpikir divergen dan konvergen saling mendukung dalam ii kemampuan memecahkan masalah, (3) tidak ada interaksi antara model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa geografi dengan nilai signifikansi 0,476 > 0,050, karena hanya model PjBL saja yang berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah. Saran dari penelitian ini, model PjBL dapat digunakan sebagai variasi model dalam perkuliahan dengan memperhatikan alokasi waktu, dikarenakan model ini memilki langkah-langkah yang membutuhkan waktu cukup lama. Peneliti selanjutnya dapat memperbaharui instrumen angket gaya berpikir agar gaya berpikir mahasiswa benar-benar dapat terukur dengan baik. Variabel lain di luar variabel penelitian sebaiknya perlu diperhatikan agar dapat diminimalisir untuk tidak mempengaruhi variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62436

Actions (login required)

View Item View Item