Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Geografi dan Hasil Belajar Geografi / Ariyandi Ajuwan

Ajuwan, Ariyandi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Geografi dan Hasil Belajar Geografi / Ariyandi Ajuwan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ajuwan, Ariyandi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Geografi dan Hasil Belajar Geografi. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D. Kata Kunci: Problem based learning, keterampilan geografi, hasil belajar geografi Keterampilan geografi merupakan bagian penting dalam pembelajaran geografi. Hal ini dapat dilihat bahwa indikasi dari keterampilan geografi siswa dapat mengembangkan pengetahuan pola-pola keruangan yang berkaitan dengan memperoleh dan mengkomunikasikan informasi spasial. Pencapaian pembelajaran siswa tidak hanya dilihat kualitas dalam berketampilan, tetapi perlu dilihat pencapaian hasil belajarnya. Proses pembelajaran sekarang ini guru dituntut untuk menentukan model pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan. Berdasarkan tuntutan tersebut, guru harus kreatif memilih pendekatan atau model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat menjawab tuntutan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran yang menggunakan model problem based learning terhadap keterampilan geografi siswa; (2) pengaruh pembelajaran yang menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan geografi dan hasil belajar geografi pada materi pengetahuan dasar pemetaan. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Samples t-Test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran yang menggunakan model problem based learningterhadap keterampilan geografi siswa. (2) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran yang menggunakan model problem based learning terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Batu. Pencapaian keterampilan geografi dan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model problem based learning dalam kegiatan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62432

Actions (login required)

View Item View Item