Riandanu, Anandika Okta (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi / Anandika Okta Riandanu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Riandanu Anandika Okta. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Singgih Susilo MS. M.Si. Kata kunci Motivasi belajar Hasil belajar Model Inkuiri Terbimbing Lesson Study Motivasi dan hasil belajar geografi di SMA masih menjadi problematika pembelajaran yang harus segera diatasi. Rendahnya motivasi dan hasil belajar geografi dapat disebabkan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Model pembelajaran Inkuri Terbimbing berbasis lesson study diharapkan mampu mengatasi permasalahan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap motivasi belajar geografi di SMA Negeri 1 Pacitan (2) mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif geografi di SMA Negeri 1 Pacitan. Penelitian ini termasuk termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar kognitif geografi diukur dengan menggunakan soal essay pretest dan posttest. Instrumen untuk mengetahui motivasi siswa menggunakan angket posttes. Teknik analisis yang digunakan menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat motivasi belajar sebaran persentase motivasi belajar tingkat hasil belajar dan uji gain score. Statistik inferensial menggunakan uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows untuk menguji hipotesis motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dibuktikan dengan persentase rata-rata motivasi belajar geografi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. (2) Hasil belajar kognitif geografi juga terdapat perbedaan antara kedua kelas tersebut. Hasil uji gain score menunjukkan bahwa di kelas eksperimen penerapan model inkuiri terbimbing berbasis lesson study lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Tahapan-tahapan dalam pembelajaran inkuiri menyebabkan motivasi dan hasil belajar meningkat karena melibatkan kemampuan siswa dalam penyelidikan terhadap materi mitigasi bencana alam. Siswa melakukan penyelidikan sehingga dapat merumuskan sendiri penemuannya. Saran yang diberikan adalah (1) sekolah hendaknya memberikan sebuah fasilitas untuk kegiatan lesson study (2) pemilihan materi dan pengelolaan kelas perlu diperhatikan ketika akan menerapkan model inkuiri terbimbing (3) diperlukan penelitian lanjutan untuk mengukur aspek afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |