Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pamukan Barat / Abdi Maulana Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pamukan Barat / Abdi Maulana Rahman

Rahman, Abdi Maulana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pamukan Barat / Abdi Maulana Rahman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman Abdi Maulana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pamukan Barat Program Studi Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (l) Prof.Dr.Drs Budijanto M. Sos dan(2) Dr. I NyomanRuja S.U Kata Kunci PembelajaranKooperatiftipe STAD HasilBelajar AktivitasSiswa Hasil ulangan tersebut belum mencapai target yang ditentukan sekolah yaitu 85% siswa mencapai KKM 65. Hasil ulangan harian pertama hanya 10 siswa (33 33%) maupun ulangan harian kedua 13 siswa (43 33%) yang bias menggapai KKM di ulangan harian materi KD 3.1. Adapun penyebabnya yakni sebagian besar siswa yang belum bias sepenuhnya memahami konteks bahan pelajaran yang diberikan oleh pengajar. Hal ini dikarenakan pengajar kurang cakap dalam menentukan model pembelajaran yang ideal kondisi ini mengakibatkan siswa lebih cenderung untuk belajar dengan cara menghafal. Model STAD adalah model yang paling praktis untuk diaplikasikan dan juga model yang cukup mudah dipahami. Pengumulan data di SMA Negeri 1 Pamukan Barat. Data diperoleh dari hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan respon siswa selama dalam proses pembelajaran. Serta data yang diperolehdari test hasil belajardan test selama kegiatan pembelajaran. Analisis data berupa hasil belajar siswa dan data dari lembar hasil observasi. Dilakukan dengan menghitung ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Data yang diperoleh dari penggunaan lembar observasi aktivitas siswa dapat dikategorikan berdasarkan skor penilaian. Aktivitas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pamukan melalui model pembelajaran kooperatiftipe STAD padasiklus 1 sebesar 81% berada pada kualifikasi 64-81 dengan kualifikasi aktif.Aktivitas siswa pada pertemuan ini sudah berhasil karena aktivitas siswa dikatakan berhasil jika 80%. Hasil belajar Geografi pada materi Persebaran Fauna di Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pamukan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa mencapai 88 57%. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus II yaitu siswa yang tuntas sebesar 91 43% dan siswa yang tidak tuntas sebesar 8 57%. Dari ketuntasan belajar siswa pada siklus II sudah dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian disarakan bagi guru dalam proses pembelajaran model pembelajarankooperatiftipe STAD perlu diterapkan sebagai alternative dalam pembelajaran pada materi pokok yang lain. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukkan sertaa arahan dalam membina guru dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan guru agar dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menambah wawasan tentang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pengembangan metode Student Team Achievement Division (STAD) dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62430

Actions (login required)

View Item View Item