Pengaruh project based learning terhadap hasil belajar geografi dan soft skills abad 21 / Hananto Timor Perdana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project based learning terhadap hasil belajar geografi dan soft skills abad 21 / Hananto Timor Perdana

Perdana, Hananto Timor (2018) Pengaruh project based learning terhadap hasil belajar geografi dan soft skills abad 21 / Hananto Timor Perdana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perdana Hananto Timor. 2017. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi dan Soft Skills Abad 21. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr. Budijanto M.Sos. (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci Soft Skills Abad 21 Hasil Belajar Project Based Learning. Realita pembelajaran saat ini mewajibkan sekolah dan pendidik untuk mengubah praktik dalam proses pembelajaran. Perubahan ini ditunjukkan dengan diintegrasikannya soft skills abad 21 ke dalam kurikulum 2013. Sekolah harus memfasilitasi pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang mencerminkan masa depan dan karir yang akan dihadapi oleh siswa. Kurikulum 2013 memberikan acuan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Salah satu model yang menggunakan pendekatan saintifik adalah Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar dan mengetahui pengaruh Project Based Learning terhadap soft skills abad 21. Penelitian dilakukan di kelas X IPS pada materi langkahlangkah penelitian geografi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest and Posttest Control Group. Data penelitian berupa nilai hasil belajar nilai soft skills abad 21 dan observasi aktivitas penggunaan Project Based Learning. Pengumpulan data menggunakan soal uraian angket soft skills abad 21 dan lembar observasi pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis mengggunakan Uji Manova dengan bantuan SPSS 20. Berdasarkan analisis dan temuan diperoleh kesimpulan bahwa 1) ada pengaruh signifikan Project Based Learning terhadap hasil belajar 2) ada pengaruh Project Based Learning terhadap soft skills abad 21. Tingkat keterlaksanaan model pada penelitian ini mempunyai kriteria sangat baik berarti kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintak-sintak yang telah direncanakan. Pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar disebabkan oleh sintaksintak dalam pembelajaran yang berisi aktivitas proyek mampu meningkatkan hasil belajar geografi yang meliputi aspek pengetahuan sikap dan psikomotorik. Dalam proses perencanaan proyek pelaksanaan proyek dan evaluasi proyek dapat merangsang soft skills abad 21 yang terdiri dari keterampilan memecahkan masalah kerjasama manajemen proyek dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62426

Actions (login required)

View Item View Item