Penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kotabaru / Aulia Agustina

Agustina, Aulia (2018) Penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kotabaru / Aulia Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina, Aulia. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Kotabaru. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (2) Dr. Budi Handoyo, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Group Investigation (GI) Berpikir kritis dalam geografi berbeda dengan berpikir kritis dalam bidang studi lainnya. Pemikiran kritis tentang geografi terdiri dari sejumlah kemampuan kunci. Pertama, pemikir kritis harus dapat menemukan, memfilter dan mengekstrak data yang benar untuk mengatasi masalah geografi. Kedua, pemikir kritis harus memahami dan mengenali. Ketiga, pemikir kritis perlu mengembangkan kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai jenis data geografis. Berpikir kritis akan diperoleh oleh peserta didik jika guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana penggunaan model pembelajaran GI pada bidang studi geografi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis? Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian yang ada berupa data keterampilan berpikir peserta didik pada saat pra tindakan, siklus I dan siklus 2 serta data tahapan-tahapan pada setiap siklus. Data-data tersebut didapatkan melalui tes dan lembar observasi pembelajaran. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi langkah-langkah penelitian geografi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik SMA Kelas X IPS 3 di SMAN 1 Kotabaru. Keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat dari pra tindakan, ke siklus 1 namun hanya sedikit, tetapi sangat banyak dari siklus 1 ke siklus 2. Penerapan model pembelajaran GI sangat baik untuk mencapai tujuan pembelajaran geografi baik berupa output maupun outcome. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian ini, dapat disarankan berupa: Guru geografi disarankan menggunakan model GI dalam pembelajaran materi penelitian geografi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Peserta didik perlu dilatih untuk terlibat dalam pembelajaran GI, karena keberhasilan GI sangat ditentukan oleh keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62425

Actions (login required)

View Item View Item