Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi / Fransiskus Xaverius Wani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi / Fransiskus Xaverius Wani

Wani, Fransiskus Xaverius (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi / Fransiskus Xaverius Wani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wani Fransiskus Xaverius. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Geografi. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (II) Dr. I Komang Astina M.S Ph.D. Kata Kunci Think Talk Write Berpikir Kritis Berdasarkan hasil observasi diketahui nilai ujian siswa pada mata pelajaran geografi dikategorikan sangat rendah. Hal tersebut membuktikan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang secara langsung berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi. Think Talk Write adalah model pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan secara mandiri melalui tahap berpikir berbicara dan menulis. Penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen semu dengan desain pretest and posttest control group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Kefamenanu. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu subjek penelitian ditentukan berdasarkan dua kelas yang memiliki nilai rata-rata relatif setara. Instrumen penelitian berupa tes essay untuk menguji kemampuan berpikir kritis. Materi penelitian adalah sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Analisis statistik yang digunakan adalah Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran geografi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai posttest siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih unggul dibandingkan nilai siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Saran yang dapat diberikan bagi guru yaitu model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai model alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geografi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan juga sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya dalam menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada jenjang pendidikan lokasi dan materi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62424

Actions (login required)

View Item View Item