Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS1 di SMAN 1 Panyipatan / Norlatipah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS1 di SMAN 1 Panyipatan / Norlatipah

Norlatipah (2018) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS1 di SMAN 1 Panyipatan / Norlatipah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Norlatipah. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS1 Di SMAN 1 Panyipatan. Tesis. Program Studi Pendidikan geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si (2) Syamsul Bachri M. Sc Ph. D Kata Kunci model problem based learning aktivitas peserta didik dan hasil belajar Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Panyipatan Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan adalah kurangnya aktivitas peserta didik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Data observasi hasil belajar peserta didik dari 29 peserta didik hanya 10 peserta didik yang mampu tuntas dan 19 peserta didik lainnya belum tuntas. Data aktivitas belajar tercatat hanya 6 peserta didik yang terlibat aktif bertanya dan mengemukakan pendapat sedangkan sisanya 23 peserta didik menjadi pendengar saja ketika pembelajaran. Tujuan penelitian untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar geografi peserta didik kelas XI IPS1 SMAN 1 Panyipatan melalui penerapan model problem based learning (2) meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS1 SMAN 1 Panyipatan melalui penerapan model problem based learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Panyipatan menjadi subjek penelitian berjumlah 29 peserta didik terdiri 18 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model PBL hal ini dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan peserta didik pada kegiatan memperhatikan mengeluarkan pendapat mendengarkan diskusi menggali informasi dan mengajukan pertanyaan. (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dipengaruhi keterlibatan peserta didik disetiap tahapan PBL terutama pada tahap orientasi masalah menggali informasi dan evaluasi. Kemampuan peserta didik dalam memahami materi berdampak pada meningkatnya hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat (1) meningkatkan aktivitas peserta pendidik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Panyipatan (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Panyipatan pada materi persebaran dan konservasi flora fauna di Indonesia. Saran yang diberikan yaitu (1) bagi guru pembagian kelompok pada pembelajaran dengan model PBL hendaknya ada pertukaran anggota kelompok dengan tetap memperhatikan bahwa setiap kelompok harus terdiri dari peserta didik yang berkemampuan heterogen. Hal ini bertujuan supaya peserta didik mampu berinteraksi dengan berbagai karakter serta tidak merasa bosan. (2) bagi peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi dan rujukan dalam penelitian di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62422

Actions (login required)

View Item View Item