Penerapan inkuiri terbimbing berbantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah / Sudarman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan inkuiri terbimbing berbantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah / Sudarman

Sudarman (2018) Penerapan inkuiri terbimbing berbantuan media visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah / Sudarman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sudarman 2017. Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing Media visual Hasil belajar. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh SMA Negeri 5 Barabai adalah 70. Berdasarkan hasil ulangan geografi pokok bahasan poros maritim di kelas XI IS-1 bahwa hanya 10 orang dari 31 peserta didik yang mencapai KKM. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan peserta didik sulit menyelesaikan soal C4 (menganalisis) dan tidak terlatih dibimbing untuk melakukan diskusi kelompok agar aktif memecahkan masalah dan mengemukakan pendapat. Faktor ini terjadi akibat guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat teacher-centered dan kurangnya penggunaan media pembelajaran visual. Upaya untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pertemuan pada setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar disetiap akhir siklus. Hasil penelitian dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media visual menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari 32 26% pada pra tindakan menjadi 54 84% pada siklus 1. Hasil tersebut belum mencapai ketuntasan secara klasikal sebanyak 8805 80% dan perlu dilakukan siklus ke 2. Hasil belajar peserta didik pada siklus ke 2 meningkat sebesar 32 25% dengan presentase hasil belajar 87 09%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai. Bedasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada guru yang akan melakukan penelitian untuk mempersiapkan alat bahan dan media pembelajaran yang kontekstual dan sesuai dengan materi pembelajaran. Memperhatikan kesesuian waktu dengan RPP serta memilih observer yang benarbenar memahami model pembelajaran inkuiri terbimbing. Bagi peneliti lain hendaknya mengunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media visual dengan subjek penelitian (peserta didik) yang berbeda dan objek (materi pembelajaran) yang juga berbeda terhadap peningkatan keberhasilan belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62421

Actions (login required)

View Item View Item