Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas 5 SD / Mochammad Sofyan Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas 5 SD / Mochammad Sofyan Ali

Ali, Mochammad Sofyan (2016) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas 5 SD / Mochammad Sofyan Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ali Mochammad Sofyan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V SD. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci media permainan ular tangga pecahan. Manfaat media pembelajaran memperjelas penyampaian materi dan meningkatkan aktivitas dan motovasi belajar siswa. Supaya dalam kegiatan belajar siswa tidak merasan bosan dan siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran yang bersifat permainan perlu di adakan untuk mengatasi kebosanan atau kejenuhan siswa dalam belajar serta siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas V Sekolah Dasar pada pembelajaran matematika materi pecahan 2) mengetahui kevalidan dan kefektifan media pembelajaran permainan ular tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi dari Dick dan Carry. Media pembelajaran permainan ular tangga ini melalui 9 tahapan penelitian dan pengembangan yaitu 1) identifikasi kebutuhan 2) analisis pembelajaran 3) analisis siswa 4) perumusan tujuan pembelajaran 5) mengembangkan instrumen penilaian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif/sumatif 9) revisi. Subjek uji coba penilitian ini yaitu 2 ahli media 2 ahli materi 1 orang guru dan 4 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 16 siswa kelas V SDN Tangkilsari 01 Kabupaten Malang untuk uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media permainan ular tangga materi pecahan pada pembelajaran matematika yang dikembangkan Menghasilkan sebuah produk permainan ular tangga yaitu 1) papan permainan 2) kartu permainan 3) lembar kegiatan 4) dadu 5) bidak 6) buku petunjuk penggunaan dan 7) kemasan produk. Media permainan ular tangga yang dikembangkan tersebut divalidasi mendapatkan rata-rata persentase dari ahli media 96 52% hasil validasi tersebut dinyatakan sangat valid. Dilihat dari rata-rata persentase dari ahli materi 78 64%hasil validasi tersebut dinyatakan sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Dilihat dari rata-rata persentase penilaian guru 97 91% dan dari rata-rata penilaian siswa saat uji kelompok kecil 92 8% dan uji lapangan 94 52% dari penilaian guru dan siswa dapat dinilai sangat efektif dan dapat digunakan saat pembelajaran dengan materi yang sama pada pembelajaran berikutnya. Dari hasil penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salahsatu sumber belajar siswa melalui media permainan ular tangga serta penelitian lanjutan dengan mengembangkan media permainan ular tangga dalam bentuk elektronik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6242

Actions (login required)

View Item View Item