Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together untuk meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Batu Ampar Provinsi Kalimantan Selatan / Linda Dariati

Dariati, Linda (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together untuk meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Batu Ampar Provinsi Kalimantan Selatan / Linda Dariati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dariati, Linda. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keterlaksanaan Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Batu Ampar Propinsi Kalimantan Selatan. Tesis. Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together, keterlaksanaan pembelajaran, berpikir kritis Observasi awal di kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Batu Ampar diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hasil tersebut berdasarkan pengamatan di lapangan pada saat kegiatan pembelajaran dan hasil evaluasi awal siswa. Pengamatan pada saat guru memberi pertanyaan dengan menggunakan indikator berpikir kritis siswa belum mampu memberikan jawaban yang mengarah pada berpikir kritis. Hasil pengamatan didapatkan bahwa pembelajaran geografi belum menerapkan pembelajaran yang memberdayakan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS 1 di SMAN 1 Batu Ampar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together. Desain penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah XI IIS 1 SMAN 1 Batu Ampar Propinsi Kalimantan Selatan berjumlah 32 siswa, terdiri dari 20 siswa dan 12 siswi. Temuan yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa pada model pembelajaran PBL dipadu NHT. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam mengorientasikan permasalahan pada LKK; intensitas keterlibatan siswa dalam kegiatan diskusi dalam dan antar kelompok; serta efisiensi waktu dalam pembelajaran; 2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dari kegiatan prasiklus dan pascasiklus. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh keterlibatan siswa secara langsung dalam merumuskan masalah, mencari informasi dari berbagai sumber, berdiskusi dengan teman sejawat dan mengevaluasi jawaban. Kemampuan siswa dalam mempresentasikan jawaban dan memberikan argumen merupakan tahap yang paling dominan dalam membantu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Saran yang dapat disampaikan antara lain: 1) bagi guru, agar membimbing siswa aktif dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran; mengoptimalkan waktu pembelajaran sesuai dengan RPP; menjalankan sintak dengan tepat agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan yang termuat dalam RPP; serta pengintegrasian indikator kemampuan berpikir kritis pada setiap sintak PBL dipadu NHT; 2) bagi peneliti selanjutnya, hendaknya membangun pengelolaan kelas yang tertib agar terlaksana kegiatan pembelajaran yang diharapkan, serta penerapan model pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan dan materi pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62419

Actions (login required)

View Item View Item