Pengaruh model problem based learning dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar geografi / Sujiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar geografi / Sujiono

Sujiono (2018) Pengaruh model problem based learning dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar geografi / Sujiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sujiono. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Geografi. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Handoyo M.Si. (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata-Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) gaya belajar hasil belajar geografi Problem Based Learning (PBL) merupakan merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah berdasarkan pengalaman siswa di dunia nyata. Karakteristik model PBL meliputi berbasis masalah memecahkan masalah pembelajaran berpusat pada siswa pembelajaran mandiri dan refleksi. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi juga oleh gaya belajar siswa. Dugaan sementara yang dapat dibangun berdasarkan kajian teori dan penelitian terdahulu bahwa model PBL dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar geografi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar geografi dan 2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar geografi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pulau Laut Timur Kalimantan Selatan pada materi persebaran barang tambang. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan faktorial sederhana 2x3 yang mengacu pada desain control group pretest-posttest. Analisis data menggunakan teknik Anova Dua Jalur dengan program SPSS 16.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan 1) model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar geografi dan 2) gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar geografi. Adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar disebabkan 1) karakteristik model PBL yang berbasis masalah nyata di sekitar lingkungan siswa 2) model PBL melatih siswa dalam memecahkan masalah sehingga siswa terbiasa dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi 3) model PBL melatih siswa berpikir kritis melalui diskusi kelompok dan 4) model PBL mendorong siswa aktif dalam mengumpulkan data-data dan fakta-fakta dalam memecahkan masalah. Tahapantahapan pada pembelajaran PBL sesuai dengan cara belajar siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) dalam proses belajar perlu memperhatikan gaya belajar siswa dan 2) waktu pelaksanaan pada tahapan mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah perlu pengaturan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62418

Actions (login required)

View Item View Item