Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 8 Barabai tahun pelajaran 2017/2018 / Hayuna Hamdalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 8 Barabai tahun pelajaran 2017/2018 / Hayuna Hamdalia

Hamdalia, Hayuna (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 8 Barabai tahun pelajaran 2017/2018 / Hayuna Hamdalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamdalia Hayuna. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IIS.1 SMA Negeri 8 Barabai Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) kemampuan berpikir kritis Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis pada pelaksanaan pra siklus di kelas XI IS.1 SMA Negeri 8 Barabai ditemukan fakta bahwa sebagian besar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Pengalaman peneliti mengajar selama 8 tahun di sekolah tersebut dalam aktivitas proses pembelajaran ketika peserta didik diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menanyakan penjelasan yang kurang dipahami peserta didik cenderung diam dan hanya dua atau tiga orang peserta didik yang mendominasi keaktifan dalam proses pembelajaran. Perbaikan cara mengajar harus disadari oleh guru dan kemudian peka dalam memilih model apa yang tepat sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat ditumbuhkan dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IS.1 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 8 Barabai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IS.1 SMA Negeri 8 Barabai tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 28 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrument penelitian hasil kerja peserta didik pada LKPD hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan peserta didik dan hasil respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 79 29% dengan kriteria baik sedangkan keterlaksanaan pembelajaran oleh peserta didik mencapai 73 64% dengan kriteria cukup sehingga masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Hasil tes pada akhir siklus berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mendapatkan nilai 8804 70 masih belum mencapai kriteria yang diinginkan yaiitu sebesar 65 71% sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Setelah melakukan perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu keterlaksanaan pembelajaran oleh guru meningkat menjadi 88 57% dengan kriteria baik dan keterlaksanaan pembelajaran oleh peserta didik meningkat menjadi 87 73% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siklus 2 juga meningkat yaitu sebesar 76 61% hal ini menunjukkan meningkatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran PBL memungkinkan peserta didik terlibat langsung dalam pembelajaran memberi mereka kesempatan untuk mengeksplorasi informasi menerapkan pengetahuan dalam konteks baru dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62416

Actions (login required)

View Item View Item