Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah geografi pada siswa SMA / Klotilda Margareta Woa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah geografi pada siswa SMA / Klotilda Margareta Woa

Woa, Klotilda Margareta (2018) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah geografi pada siswa SMA / Klotilda Margareta Woa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Woa Klotilda Margareta. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah Geografi Pada Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (2) Dr. Singgih Susilo M.S M Si. Kata Kunci Problem Based Learning Berpikir Kritis Memecahkan Masalah Berpikir kritis merupakan salah satu bentuk kemampuan intelektual siswa dalam proses analisis dan evaluasi terhadap sebuah informasi yang melibatkan aktivitas berpikir secara logis dan sistematis. Indikator berpikir kritis secara umum terdiri dari merumuskan masalah memberikan argumen mengaitkan masalah evaluasi dan membuat kesimpulan serta saran. Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu keterampilan yang termasuk dalam komponen proses pembelajaran. Kemampuan memecahkan masalah menekankan pada sebuah kegiatan pembelajaran yang sistematis untuk menemukan sebuah solusi logis terhadap sebuah isu. Kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam pendidikan geografi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat berpikir kritis terhadap masalah yang ada di sekitar siswa dan mampu menemukan solusi yang logis untuk memecahkan masalah yang ditemui. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bajawa dengan tujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis 2) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang tergolong dalam eksperimen semu (quasi experimen). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4. Penentuan kelas penelitian berdasarkan nilai ujian akhir semester I. Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan tes essay kemampuan berpikir kris dan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan 2) model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran dari penelitian ini antara lain guru geografi sebaiknya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa serta kemampuan memecahkan masalah geografi peneliti selanjutnya diharapkan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada guru dalam menerapkan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62414

Actions (login required)

View Item View Item