Kasi, Kristina (2018) Pengaruh model pembelajaran service learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa SMA / Kristina Kasi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kasi Kristina.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M Pd (2) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D Kata Kunci Model Service Learning Kemampuan berpikir kritis SikapPeduli Lingkungan Kemampuan berpikir siswa merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk dimiliki agar dapat memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam dunia yang senantiasa berubah. Pembelajaran dengan model Service Learning merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang berupaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa agar terus terlatih dengan baik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ende dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Service Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa SMA. Pemilihan model Service Learning didasarkan pada karakteristik dari modelnya sendiri yang lebih menitikberatkan peran sentral siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen ialah kelas XI-IPS 7 dan kelas kontrol kelas XI-IPS 2. Instrumen penelitian ini berupa tes Essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan Angket untuk mengukur sikap peduli lingkungan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Gain score yang merupakan selisih nilai postest dan pretest dari kedua kelas. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score dari kedua kelas menggunakan bantuan program SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) model pembelajaran Service Learning berpengaruh terhadap kemapuan berpikir kritis hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol.2) model pembelajaran Service Learning berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran dari penelitian ini antara lain tenaga pendidik geografi sebaiknya untuk mengaplikasikan model pembelajaran Service Learning dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara signifikan.Guru disarankan dalam melaksanakan pembelajaran model Service Learning lebih kreatif dalam memiilih masalah yang kontekstual agar dapat membantu meningkatkan proses berpikir siswa serta dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk tetap menjaga dan memiliki sikap peduli terhadap lingkungan. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62411 |
Actions (login required)
View Item |