Pengaruh model Problem Based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMA / Mahviro Vivi Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMA / Mahviro Vivi Andriani

Andriani, Mahviro Vivi (2017) Pengaruh model Problem Based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMA / Mahviro Vivi Andriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Mahviro Vivi. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (2) Syamsul Bachri S.Si M.Sc Ph.D Kata Kunci Problem Based Learning Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Berpikir Kreatif. Model pembelajaran yang mampu mendorong berlangsungnya pembelajaran secara riil yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi ialah model problem basd learning. PBL merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir. Kegiatan pembelajaran ini dapat menstimulus peserta didik untuk peka terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (2) Mengetahui pengaruh PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Pretest and Posttest Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri 3 Lumajang. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Kelas X IIS- 1 pada kelas ekperimen dan kelas X IIS-4 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Hal ini terlihat dari hasil analisis nilai gain score keterampilan berpikir kritis melalui Independent Sample T-test dengan SPSS 16.0 for Windows diperoleh nilai signifikansi 0 04 0 05 sehingga H0 ditolak yang artinya model PBL berpengaruh terhadap keterampilan bepikir kritis siswa SMA. Hal ini disebabkan oleh model PBL mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi sehingga memudahkan peserta didik dalam mengerjakan soal yang diberikan. Hasil analisis skor keterampilan berpikir kreatif diperoleh nilai signifikansi 0 00 0 05 sehingga H0 ditolak yang artinya model PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif. Hal ini disebabkan oleh model PBL mampu melatih siswa dalam berpikir lebih kreatif untuk mengembangkan ide berdasarkan informasi dan fakta yang ada sehingga peserta didik dapat berpikir secara sistematis kritis kreatif dan berwawasan global serta dapat menghadapi berbagai tantangan di kehidupan mendatang. Saran dari peneliti diantarannya (1) bagi guru geografi seharusnya menggunakan model problem based learning sehingga pembelajaran lebih kontektual dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tingginya khusussnya keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif (2) bagi sekolah seharusnya memberikan dukungan pada guru geografi untuk meningkatkan kompetensinya (3) bagi peneliti selanjutnya dapat sebagai rujukan jika menggunakan penelitian yang sejenis atau dapat pula mengkombinasikan model problem based learning dengan model yang lain dengan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62408

Actions (login required)

View Item View Item