Kiik, Silivester (2017) Pengaruh model pembelajaran outdoor study dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir spasial / Silivester Kiik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Silivester Kiik. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Spasial. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Budi Handoyo M.Si. Keywords pembelajaran outdoor study gaya belajar berpikir spasial Model pembelajaran outdoor study merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuannya menjadi pribadi yang aktif kreatif dan inovatif tentang berbagai fenomena yang ditemukan di lapangan. Model pembelajaran outdoor study mampu melibatkan seluruh panca indera siswa dalam proses pembelajaran dimana membebaskan pikiran siswa untuk merasakan mengamati menemukan dan menyimpulkan analisis secara individu. Setiap siswa dalam memproses informasi yang ditemukan di lapangan dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh gaya belajar siswa baik visual auditori maupun kinestetik. Ketiga domain gaya belajar tersebut mengidentifikasi pengamalan setiap siswa dari karakteristik pengetahuan sikap dan keterampilan dalam memahami berinteraksi dan menanggapi lingkungan belajarnya berdasarkan fenomena yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran outdoor study dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir spasial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design dan desain faktorial 2x3. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Atambua. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen adalah siswa kelas XI S.2 dan kelas kontrol siswa XI S.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran outdoor study terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Pengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa terlihat dari hasil analisis gain score melalui two way anova diperoleh nilai signifikansi 0 0000 05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh (3) ada interaksi antara model pembelajaran outdoor study dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir spasial. Ada interaksi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa terlihat dari analisis gain score melalui two way anova diperoleh nilai signifikansi 0 003 0 05 maka H0 ditolak sehingga ada pengaruh interaksi. Rata-rata kemampuan berpikir spasial dan gaya belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan bagi guru bahwa menggunakan model pembelajaran outdoor study dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial dan gaya belajar siswa karena terbukti dari hasil penelitian ini memberikan hasil yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |