Rosa, Hervina Sovia (2017) Pengaruh model problem based learning (PBL) perbantuan multimedia flash terhadap hasil belajar IPS siswa SMK Wiyata Husada Batu / Hervina Sovia Rosa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rosa Hervina Sovia. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia Flash terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMK Wiyata Husada Batu. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar Penggunaan model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi. Model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. PBL akan membantu siswa dalam belajar yang dimulai dari masalah proses melalui masalah dan berakhir dengan belajar dari masalah. Penggunaan masalah bertujuan untuk memasukkan pengetahuan dalam suatu pelajaran sehingga memperoleh keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan bernalar. PBL merupakan pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan kemandirian belajar bagi siswa SMK. Pada lembaga SMK pelajaran Geografi terintegrasi secara terpadu dalam pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PBL berbantuan flash terhadap hasil belajar IPS siswa kelas XI SMK Wiyata Husada Batu. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain nonequivalent control group dengan dua kelas yang ditetapkan sebagai subjek penelitian. Kelas XI-Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran PBL berbantuan flash dan XI-Perawat sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa soal uraian. Data diperoleh dari tes sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest) untuk mendapatkan nilai gain score. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 for Windows. Persyaratan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan uji levene. Hasil penelitian menunjukkan nilai gain score terdapat perbedaan antara sebelum diberikan perlakuan (pretest) dengan sesudah diberikan perlakuan (posttest) yaitu kelas eksperimen mencapai 29 55 sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 18 67. Gain score kelas eksperimen menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan selisih 10 88. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t yaitu diperoleh nilai probability (p-value) lebih kecil dari 0 05 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |