Pengaruh Project Based Learning (PJBL) dalam kajian kota hijau (green cities) terhadap keterampilan metakognitif dan ketrampilan sosial mahasiswa geografi / Noviani Nurkolis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Project Based Learning (PJBL) dalam kajian kota hijau (green cities) terhadap keterampilan metakognitif dan ketrampilan sosial mahasiswa geografi / Noviani Nurkolis

Nurkolis, Noviani (2017) Pengaruh Project Based Learning (PJBL) dalam kajian kota hijau (green cities) terhadap keterampilan metakognitif dan ketrampilan sosial mahasiswa geografi / Noviani Nurkolis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurkolis Noviani. 2017. Pengaruh Project Based Learning Dalam Kajian Kota Hijau (Green Cities) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Keterampilan Sosial Mahasiswa Geografi. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Drs. I Komang Astina M.S Ph.D Kata Kunci Project Based Learning Kota Hijau Keterampilan Metakognitif Keterampilan Sosial. Project based learning dalam kajian kota hijau merupakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan lingkungan sekitar yaitu kota hijau untuk melakukan investigasi sebagai langkah awal untuk menghasilkan proyek. Model ini menggunakan pendekatan kontruktivisme yaitu pembelajaran yang terpusat pada pebelajar (student centered). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan mampu menjadikan peserta didik lebih mandiri peka terhadap permasalahan sekitar dan mampu untuk memecahkan dan memberikan solusi atas permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning dalam kajian kota hijau (Green Cities) terhadap keterampilan metakognitif dan keterampilan sosial mahasiswa geografi. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada mahasiswa prodi geografi angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol yang dipilih berdasarkan nilai hasil study pada matakuliah sebelumnya. Kelas eksperimen yaitu mahasiswa geografi offering H dan kelas kontrol adalah offering G. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan project based leaerning dalam kajian kota hijau (Green Cities) terhadap keterampilan metakognitif dan keterampilan sosial mahasiswa. Pengaruh terhadap keterampilan metakognitif terlihat dari analisis gain score melalui independent sample t-test pada SPSS 16.0 for Windows dipeloreh nilai signifikansi 0 010. Nilai signifikansi tersebut 0 05 maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh. Pengaruh project based learning dalam kajian kota hijau terhadap keterampilan sosial juga dibuktikan dari hasil analisis gain score melalui independent sample t-test pada SPSS 16.0 for Windows diperoleh nilai signifikansi 0 000. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikansi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62400

Actions (login required)

View Item View Item