Peningkatan hasil belajar soal cerita matematika melalui model conceptual understanding procedures di kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Ahkimatu Agin Dabri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar soal cerita matematika melalui model conceptual understanding procedures di kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Ahkimatu Agin Dabri

Dabri, Ahkimatu Agin (2016) Peningkatan hasil belajar soal cerita matematika melalui model conceptual understanding procedures di kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Ahkimatu Agin Dabri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agin Ahkimatu. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Matematika Melalui Model Conceptual Understanding Procedures di Kelas V SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Prof. Dr. H. M Zainuddin M. Pd. Kata Kunci hasil belajar soal cerita conceptual understanding procedures Matematika merupakan mata pelajaran yang dipelajari disetiap jenjang pendidikan mulai dari SD SMP SMA sampai jenjang perguruan tinggi. Selain itu matematika sangat membantu dan dibutuhkan pada bidang studi atau ilmu-ilmu yang lain. Pembelajaran matematika masih dianggap sulit bagi siswa. Banyak siswa yang kurang mampu dalam mempelajarinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika. Hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan strategi model dan metode yang diterapkan oleh guru kurang sesuai atau kompetensi guru yang masih kurang atau mungkin sarana pembelajaran yang meliputi media alat peraga dan buku pegangan siswa yang terbatas atau sebab lain yang tidak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Conceptual Understanding Procedures dalam pembelajaran matematika mengenai soal cerita pada siswa kelas V SDN Karangtengah 04 Kota Blitar. Selain itu juga untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika mengenai soal cerita pada siswa kelas V SDN Karangtengah 04 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan angket siswa dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada saat sebelum dilakukan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran conceptual understanding procedures hasil belajar siswa dapat dikatakan rendah karena tingkat keberhasilan siswa hanya mencapai 42% yaitu dari 36 siswa hanya terdapat 15 siswa yang tuntas belajar dan rata-rata di kelas tersebut hanya 63. Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa hasil nilai akhir pembelajaran soal cerita matematika siswa mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan rata-rata nilai akhir siswa adalah 63 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dari 36 siswa (42%). Pada siklus I rata-rata nilai akhir siswa adalah 69 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (61%) sedangkan pada siklus II rata-rata nilai akhir siswa adalah 80 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa (84%) dari 36 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Conceptual Understanding Procedures dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengenai soal cerita matematika. Penelitian ini sebagai salah satu bukti bahwa model pembelajaran conceptual understanding procedures sesuai untuk mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item