Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar / Rinasa Putri Arri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar / Rinasa Putri Arri

Arri, Rinasa Putri (2016) Implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar / Rinasa Putri Arri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arri Rinasa Putri. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdiono M. Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Pendidikan mempunyai tanggung jawab besar dalam membangun sebuah bangsa. Oleh karena itu pemerintah berupaya memperbaiki pendidikan dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan bentuk nyata dari upaya memperbaiki pendidikan. Namun banyak hambatan yang ditemui guru terkait dengan Kurikulum 2013 salah satunya yaitu pada aspek penilaian. Penelitian dilaksanakan dengan memfokuskan pada perencanaan pelaksanaan dan penilaian Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan secara rinci adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran oleh guru di SD M dan SD P ditemukan beberapa fakta antara lain a)format RPP sesuai dengan komponen RPP Kurikulum 2013 b) guru mengembangkan materi cenderung berpedoman pada buku guru dan buku siswa c)langkah-langkah yang di rencanakan oleh guru menyesuaikan dengan materi tingkat kesulitan dan buku guru d)guru merencanakan metode bervariasi dan mencantumkan pendekatan scientific pada setiap langkah pembelajaran e)tidak semua guru mencantumkan media dan alat yang akan digunakan dalam menentukan media berpedoman pada buku guru f)guru merencanakan alokasi waktu melihat pada bobot materi dan jam pelajaran g)perencanaan penilaian pembelajaran berpedoman pada buku guru. Pada pelaksanaan pembelajaran oleh guru di SD M dan SD P ditemukan beberapa fakta antara lain a)kegiatan pembukaan dilakukan dengan apersepsi b)buku siswa dan buku guru merupakan sumber utama dalam pembelajaran c)guru memanfaatkan media dalam proses pembelajaran d)guru menerapkan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran e)guru memanfaatkan lingkungan dalam proses pembelajaran f)guru menanamkan kebiasaan positif melalui kegiatan sehari-hari g)alokasi waktu yang dilaksanakan tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan h)kegiatan penutup tidak sepenuhnya sama dengan apa yang telah direncanakan. Pada penilaian pembelajaran oleh guru di SD M dan SD P ditemukan beberapa fakta antara lain a)masih ada guru yang bingung dalam melakukan penilaian b)guru belum sepenuhnya melakukan penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan bagi 1) Sekolah sekolah hendaknya melakukan monitoring dan pelatihan terhadap perencanaan pelaksanaan dan penilaian terkait Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan ke dalam kegiatan pembelajaran 2)guru guru hendaknya menambah sumber belajar serta media ke dalam kegiatan pembelajaran dan beradaptasi dengan Kurikulum 2013 khususnya pada penilaian autentik agar pelaksanaan Kurikulum 2013 dapat berjalan dengan maksimal 3)peneliti selanjutnya peneliti selanjutnya hendaknya dapat meneliti pada satu sub tema pembelajaran berserta RPP dan penilaiannya agar dapat memperoleh hasil yang maksimal di lapangan terkait dengan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item