Pengaruh model pembelajaran earth community (earthcomm) dan skemata siswa terhadap keterampilan geografi / Natalia Adel hando Nderu Mari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran earth community (earthcomm) dan skemata siswa terhadap keterampilan geografi / Natalia Adel hando Nderu Mari

Mari, Natalia Adel Hando Nderu (2017) Pengaruh model pembelajaran earth community (earthcomm) dan skemata siswa terhadap keterampilan geografi / Natalia Adel hando Nderu Mari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mari Natalia Adel H.N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science Community (Earthcomm) dan Skemata Siswa terhadap Keterampilan Geografi. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Budi Handoyo M.Si Kata Kunci Earth Science Community (Earthcomm) Skemata Keterampilan Geografi Model Earth Science Community (Earthcomm) memiliki keunggulan dalam proses pembelajarannya yaitu dapat melatih siswa untuk dapat menjadi seorang peneliti dalam sebuah proses penyelidikan. Pada mata pelajaran geografi model Earthcomm terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Namun pengaruh tersebut masih terbatas pada pengetahuan geografi sementara pengaruhnya terhadap keterampilan geografi belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Earth Science Community (Earthcomm) dan skemata siswa terhadap keterampilan geografi. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMAN 8 Malang. Subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran geografi yang bersangkutan. Kelas eksperimen yaitu siswa kelas X-IS 1 dan kelas kontrol yaitu siswa X-IS 2. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis two way anova dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model Earth Science Community (Earthcomm) terhadap keterampilan geografi dengan nilai signifikansi 0 000 (2) terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan skemata terhadap keterampilan geografi dengan nilai signifikansi 0 000 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Earthcomm dan skemata terhadap keterampilan geografi dengan nilai signifikansi 0 000 . Rata-rata keterampilan geografi kelas eksperimen dan skemata kompleks kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran dari penelitian ini guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Earth Science Community (Earthcomm) agar dapat meningkatkan keterampilan geografi siswa karena terbukti dari hasil penelitian ini bahwa memberi hasil yang baik. Selain itu dalam pelaksanaan proses pembelajaran untuk tetap memperhatikan kemampuan skemata siswa karena skemata siswa turut serta memberikan pengaruh terhadap kemampuan keterampilan geografi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62394

Actions (login required)

View Item View Item