Pengembangan modul interaktif berbasis e-learning materi lingkungan hidup kelas XI SMA / Takhiyyatul Ulfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul interaktif berbasis e-learning materi lingkungan hidup kelas XI SMA / Takhiyyatul Ulfi

Ulfi, Takhiyyatul (2017) Pengembangan modul interaktif berbasis e-learning materi lingkungan hidup kelas XI SMA / Takhiyyatul Ulfi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfi Takhiyyatul. 2016. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis E-Learning Materi Lingkungan Hidup Kelas XI SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (2) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci modul e-learning limgkungan hidup Penerapan Sistem Satuan Kredit Semester (SKS) memakai modul sebagai bahan ajarnya. Modul yang selama ini dipakai peserta didik berupa teks yang monoton dengan gambar yang minim dan kurangnya gambar serta warna. Pengembangan modul perlu dilakukan terutama modul interaktif yang berbasis e-learning. Modul dapat bersifat online dengan menggunakan aplikasi moddle yang dapat diakses melalui website sekolah. Materi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan menjadi materi yang dipilih karena materi tersebut mengalami perubahan dan perkembangan yang cepat sehingga penting untuk diangkat dalam modul ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa modul e-learning pada materi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan kelas XI SMA. Ada empat tahap dalam penelitian pengembangan ini dengan mengadaptasi dari model Dick and Carey. Tahapan tersebut yaitu (1) Tahap studi pendahuluan (2) Tahap pengembangan (3) Tahap uji coba dan (4) Tahap produk dan hasil akhir. Modul divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan uji coba pada peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil sejumlah sepuluh peserta didik dan uji coba pada kelompok besar sejumlah 32 peserta didik dari kelas XI IPS 2. Pemahaman materi peserta didik terjadi peningkatan pada uji coba kelompok kecil sebesar 20% dan pada kelompok besar 28%. Sedangkan tanggapan terhadap penggunaan e-learning dalam pembelajaran pada uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan hasil persentase yang sama yaitu 86% sehingga termasuk kualifikasi sangat baik dan produk sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Revisi produk dilakukan berdasarkan masukan dari validator ahli. Disarankan modul e-learning dapat membantu proses pembelajaran geografi terutama pada materi lingkungan agar lebih menarik dan interaktif serta up to date. Selain itu e-learning dalam pemahaman materi lebih efektif dan mengikuti perkembangan jaman dan selalu tanggap dengan permasalahan lingkungan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62393

Actions (login required)

View Item View Item