Pengembangan suplemen bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal kawasan hutan air hangat Nganget Desa Sidorejo Kabupaten Tuban / Elok Ayu Khumaerok Ertika Subekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal kawasan hutan air hangat Nganget Desa Sidorejo Kabupaten Tuban / Elok Ayu Khumaerok Ertika Subekti

Subekti, Elok Ayu Khumaerok Ertika (2017) Pengembangan suplemen bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal kawasan hutan air hangat Nganget Desa Sidorejo Kabupaten Tuban / Elok Ayu Khumaerok Ertika Subekti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subekti Elok Ayu Khumaerok Ertika. 2017. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal Kawasan Hutan Air Hangat Nganget Desa Sidorejo Kabupaten Tuban. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr Budijanto M.Sos dan Pembimbing (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Suplemen Bahan Ajar Geogarfi Berbasis Kearifan Lokal Kawasan Hutan Air Hangat Nganget (KHAHN). Dunia pendidikan banyak mengalami permasalahan salah satunya terkait bahan ajar. Bahan ajar di SMA N I Jatirogo juga mengalami masalah (data wawancara siswa). Permasalahan bahan ajar ditambah kurang bervariasi pembelajaran membuat siswa jenuh dan kurang berpikir sesuai tuntutan kurikulum 2013. Tuntutan tersebut menyebabkan SMA membutuhkan sebuah bahan ajar yang efektif efisien dan mudah diperoleh untuk memecahkan masalah bahan ajar sesuai tujuan kurikulum baru. Ditambah hasil pengamatan peneliti terkait lokasi SMA dan alamat siswa yang dekat dengan potensi alam KHAHN. Menambah minat peneliti untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang efektif sebagai solusi pemecahan masalah di SMA. Pengembangan suplemen berisi tentang perpaduan kekayaan alam dengan nilai kearifan lokal kedalam bahan ajar geografi. Pengembangan suplemen ini diharapkan siswa dapat belajar kontekstual sesuai tuntutan kurikulum 2013. Berdasarkan analisis kebutuhan di lapangan peneliti tertarik untuk mengembangkan suplemen bahan ajar geografi materi hidrologi berbasis kearifan lokal pada KHAHN Desa Sidorejo Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini membutuhkan validator untuk menilai kualitas produk dan audien sebagai subjek uji coba lapangan. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X yang akan menempuh mata pelajaran geografi materi hidrosfer khususnya siswa kelas IPS 2 dan IPS 3 SMA N I Jatirogo sejumlah 62 siswa. Tehnik pengambilan data menggunakan observasi angket dan wawancara. Analisis data deskriptif kualitatif dengan rumus formula persentase (tabulasi tunggal) dan perhitungan skor validasi disesuaikan dengan kriteria skala likert. Penelitian pengembangan ini menunjukkan hasil sebagai berikut 1) Produk suplemen bahan ajar berbasis kearifan lokal dapat diterima dengan baik 2) Penilaian ahli materi dan ahli desain (guru) masing masing berjumlah 80% artinya bahan ajar tanpa revisi dan boleh digunakan dengan revisi kecil. Subjek uji coba lapangan siswa sejumlah 82% (tergolong kriteria bahan ajar tanpa revisi atau sangat baik digunakan) dan subjek uji coba masyarakat sejumlah 76% termasuk bahan ajar tanpa revisi dan boleh digunakan dengan revisi kecil 3) Produk memperoleh persetujuan dan keputusan dari para ahli dan subjek uji coba lapangan sebagai bahan ajar tanpa revisi atau boleh digunakan dengan revisi kecil dengan nilai rekapitulasi dari 4 responden sejumlah 79 5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62392

Actions (login required)

View Item View Item