Pemahaman perilaku peduli lingkungan bagi siswa di sekolah adiwiyata nasional (kajian multisitus di SMA Negeri 1 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo Kabupaten Ponorogo) / Bella Amanda Ardanita

Ardanita, Bella Amanda (2017) Pemahaman perilaku peduli lingkungan bagi siswa di sekolah adiwiyata nasional (kajian multisitus di SMA Negeri 1 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo Kabupaten Ponorogo) / Bella Amanda Ardanita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardanita, Bella Amanda. 2017. Pemahaman Perilaku Peduli Lingkungan Bagi Siswa di Sekolah Adiwiyata Nasional (kajian multisitus di SMA Negeri 1 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo Kabupaten Ponorogo). Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si (II) Dr. I Nyoman RujaÔÇÖ, S.U Kata Kunci : Pemahaman Perilaku, Perilaku Peduli Lingkungan, Sekolah Adiwiyata Nasional SMA Negeri 1 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo merupakan Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional yang ada di Kabupaten Ponorogo yang memiliki keunikan terkait kebiasaan perilaku siswa peduli lingkungan. Tiap perilaku mengandung banyak makna, oleh karena itu diperlukan pemahaman interpretative terkait perilaku siswa peduli lingkungan, khususnya di sekolah berlatar/setting Sekolah Adiwiyata Nasional. Pemahaman mengenai makna perilaku siswa tersebut dapat dilakukan dengan mengetahui karakteristik sekolah, karakter siswa, bentuk aktivitas/kegiatan lingkungan, penyebab (because motives), dan tujuan (in order to motives) siswa berperilaku peduli lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian multisitus dan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam (in-depth interviewing) dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa siswi, Kepala Sekolah, guru-guru, dan beberapa warga sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo yang terlibat langsung dalam kegiatan kepedulian lingkungan. Data penelitian yang diperoleh berupa pernyataan langsung. Data dianalisis dengan analisis data dalam situs, menggunakan model interaktif Milles dan Huberman dan analisis data lintas situs menggunakan induksi analitik modifikasi (Modified Analytic Induction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap Sekolah Adiwiyata Nasional memiliki pandangan tersendiri untuk menentukan keberlanjutan programnya. Siswa disana memiliki karakter antusias berada di luar ruangan, tanggung jawab, dan disiplin. Penyebab (because motives) siswa berperilaku peduli lingkungan ditentukan oleh sistem kebijakan, motivator, dan kemauan pribadi, dan tujuannya (in order to motives) untuk memenuhi kebutuhan afiliasi dan prestasi. Secara garis besar dapat dimaknai bahwa perilaku peduli lingkungan ditentukan oleh adanya sistem kebijakan dan dikuatkan oleh suatu peluang untuk memenuhi kebutuhan akan afiliasi dan prestasi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: 1) hendaknya pemerintah menindaklanjuti adanya program Adiwiyata, 2) hendaknya sekolah selalu memonitoring perkembangan perilaku siswa, 3) hendaknya kegiatan lingkungan dapat menjadi strategi guru dalam pembelajaran, 4) hendaknya siswa dapat membuat karya ilmiah mengenai kegiatan lingkungan yang dilakukannya dan dipublikasikan, 5) hendaknya bagi peneliti selanjutnya dapat mengkaji hasil penelitian ini dengan perspektif yang lain, sehingga penelitian ini dapat berlanjut dan berkembang lebih mendalam lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62391

Actions (login required)

View Item View Item