Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar geografi di Sekolah Menengah Atas / Moh. Zainuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar geografi di Sekolah Menengah Atas / Moh. Zainuddin

Zainuddin, Moh. (2017) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar geografi di Sekolah Menengah Atas / Moh. Zainuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zainuddin. Moh 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Program Studi pendidikan geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budijanto M.Sos (II) Dr. Ach.Amirudin M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah Inkuiri Hasil Belajar. Hasil dari observasi awal sebelum penelitian selama pembelajaran berlangsung guru mata pelajaran geografi lebih cenderung menggunakan strategi kovensisonal dalam menyampaikan materi pembelalajaran. Pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered). Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan sekali-sekali tanya jawab sedangkan siswanya kurang siap menerima pelajaran sehingga mereka hannya mencatat fakta-fakta yang diterangkan guru. Pembelajaran ini membuat siswa hanya menerima dan tidak melatih kemampuan untuk belajar aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sakra Timur khususnya pada kompetenai dasar menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografis. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa geografi di SMAN 1 Sakra Timur pada kompetenai dasar menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografis. Penelitian ini menggunakan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experiment). Data dalam penelitian ini berupa angka atau skor hasil belajar. Hasil belajar yang dimaksud adalah gain score yang diperoleh dari selisih skor pretes dan posttes. Berdasarkan hasil penelitian ini juga diperoleh bahwa hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama mengalami peningkatan. Namun peningkatan ini didominasi oleh kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri artinya peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuir terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X IPS-1. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikan sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62390

Actions (login required)

View Item View Item