Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Angga Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Angga Puspita

Puspita, Angga (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA / Angga Puspita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Angga. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Observasi Lapangan terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA. Tesis. Pendidikan Geografi. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (2) Dr. I Nyoman Ruja SU. Kata kunci model pembelajaran inkuiri observasi berpikir analitis Kemampuan berpikir analitis siswa dalam pembelajaran geografi masih sangat lemah. Pernyataan tersebut diperkuat oleh hasil observasi di SMAN 10 Kota Malang yang menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam memberikan contoh permasalahan dan menjelaskan solusi atas permasalahan. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah proses pembelajaran yang masih dilaksanakan secara konvensional. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri berbasis observasi lapangan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menerapkan model Inkuiri berbasis observasi lapangan. Instrumen yang digunakan adalah 5 soal essay yang mengandung indikator berpikir analitis. Instrumen penelitian tersebut harus diuji reliabilitasnya dengan menggunakan uji statistik Cronbach s Alpha dan uji validitas instrumen dengan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri berbasis observasi lapangan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA. Hal ini disebabkan melalui Inkuiri siswa dapat menumbuhkan sikap mandiri keaktifan siswa dalam merumuskan masalah kreativitas dalam merancang percobaan dan antusiasme tinggi saat pelaksanaan observasi. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah bagi guru dapat menerapkan Inkuiri berbasis observasi lapangan pada kajian fisik geografi perencanaan harus matang agar tidak membuang waktu saat observasi lapangan. Sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya adalah terapkan Inkuiri pada kelas yang telah mendapatkan materi karya tulis ilmiah dan pilih lokasi observasi lapangan yang paling dekat dengan sekolah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62388

Actions (login required)

View Item View Item