Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Yusnia Nurrohmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Yusnia Nurrohmi

Nurrohmi, Yusnia (2017) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Yusnia Nurrohmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurrohmi Yusnia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si. (2) Dr. Dwiyono Hari Utomo M. Pd. M. Si. Kata Kunci model Discovery learning berpikir kritis motivasi belajar Pemikiran kritis memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Feldman (2010) menyatakan bahwa manfaat berpikir kritis bagi mahasiswa adalah dapat meningkatkan kecerdasan membantu menyelesaikan tugas dan meneliti solusi lain untuk suatu masalah. Mata kuliah meteorologi dan klimatologi sebagai salah satu mata kuliah yang memerlukan kemampuan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah. Komponen lain yang penting dimiliki oleh mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajarnya yaitu motivasi belajar. Salah satu indikator motivasi belajar yang kurang maksimal dimiliki mahasiswa menurut Uno (2011) yaitu adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan baik. Hal ini dikarenakan kelas yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran meteorologi dan klimatologi digunakan pula sebagai laboratorium tanah. Model pembelajaran discovery learning perlu diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan (2) pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yang dilakukan di mahasiswa Offering G dan Offering H angkatan 2016/ 2017 Jurusan Ilmu Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah meteorologi dan klimatologi berjumlah 72 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi observasi angket motivasi belajar dan soal tes esai berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji normalitas homogenitas dan uji t. Hasil penelitian ini antara lain (1) model pembelajaran Discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa artinya bahwa gain score kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan (2) model pembelajaran Discovery learning tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa artinya bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata jumlah motivasi belajar mahasiswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Saran dari penelitian ini antara lain (1) model Pembelajaran Discovery learning perlu digunakan saat perkuliahan meteorologi dan klimatologi khususnya pada indikator menganalisis dan mengevaluasi yang menuntut kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan (2) pemberian stimulasi berupa penayangan video pembelajaran yang menarik diperlukan ketika menggunakan Model pembelajaran Discovery learning dalam rangka meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62387

Actions (login required)

View Item View Item