Pengaruh pendekatan scientific menggunakan multimedia terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA / Mega Karunia Gumelar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan scientific menggunakan multimedia terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA / Mega Karunia Gumelar

Gumelar, Mega Karunia (2017) Pengaruh pendekatan scientific menggunakan multimedia terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA / Mega Karunia Gumelar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gumelar Mega Karunia 2017. Pengaruh Pendekatan Scientific menggunakan Multimedia terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. (II) Syamsul Bachri S.Si M.Sc Ph.D Kata Kunci Pendekatan scientific multimedia hasil belajar. Kualitas pembelajaran geografi di sekolah penting dalam mengembangkan geografi pada masa sekarang dan akan datang. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geografi di sekolah adalah melakukan pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan multimedia. Pendekatan scientific merupakan pendekatan berbasis penyelidikan ilmiah. Multimedia merupakan gabungan dari beberapa media yang berupa gambar video teks dan suara yang terintegrasi menjadi satu kesatuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan scientific menggunakan multimedia terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah Kelas X IIS di SMAN 1 Gurah tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif materi dinamika planet bumi. Teknik analisis menggunakan Independent Sample T-Test program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan multimedia terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA. Hasil uji-t didapatkan nilai signifikasi 0 003 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan scientific menggunakan multimedia memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar geografi peserta didik di SMA. Saran yang diberikan untuk guru dalam penggunaan pendekatan scientific menggunakan multimedia yakni guru disarankan memberikatan tayangan yang dapat memicu peserta didik untuk berpikir secara hipotetik. Dalam pemilihan video prezi disarankan guru memilih video yang memiliki durasi sesuai dengan jam pelajaran yang ditentukan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62386

Actions (login required)

View Item View Item