Santoso, Eko Anang Hadi (2017) Makna motivasi belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Sukosari Bondowoso dengan pendekatan fenomenologi / Eko Anang Hadi Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Santoso Eko Anang Hadi 2016. Makna Motivasi Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Sukosari Bondowoso dengan Pendekatan Fenomenologi. Tesis. Progam Studi Pendidikan Geografi Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd M.P (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U Kata Kunci Motivasi belajar Geografi Pendekatan fenomenologi Motivasi merupakan aspek penting dalam belajar terutama dalam menetukan kesuksesan proses belajar. Saat ini belum banyak penelitian tentang motivasi yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengetahui makna dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Sukosari Bondowoso Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Sukosari Bondowoso . Peneliti adalah instrument utama penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pisau analisis fenomenologis Alferd Schutz dengan cara memahami tindakan rasional siswa berdasarkan motif sebab (because of motives) dan motif tujuan (in order to motives). Dalam penelitian ini triangulasi data melakukan member check dan melakukan ketekunan pengamatan diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) pertama berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa siswa yang termotivasi dalam pembelajaran geografi dan ditemukan juga siswa yang tidak termotivasi dalam pembelajaran geografi. (2) kedua bagi siswa yang termotivasi belajar geografi maknanya adalah memiliki hasrat belajar dari dalam diri sendiri merupakan faktor utama penyebab seorang siswa termotivasi untuk belajar. Bagi siswa yang tidak termotivasi belajar maknanya adalah memiliki keluarga yang tidak harmonis dan tidak mendapatkan dorongan belajar dari orang tua merupakan faktor utama siswa tidak termotivasi. (3) ketiga faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Sukosari Kabupaten Bondowoso terdiri dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi hasrat belajar minat belajar keinginan berprestasi keinginan melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mendapatkan beasiswa dan keinginan tercapai cita-citanya. Sementara faktor ekstrinsik meliputi keharmonisan dan dukungan keluarga dorongan dari guru dorongan dari teman lingkungan sekitar metode mengajar guru serta fasilitas dan media pembelajaran. Setelah mengetahui hasil penelitian maka disarankan agar wali siswa lebih memberikan perhatian dorongan dan dukungan belajar kepada putra-putrinya. Guru geografi diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya melalui penerapan metode pembelajaran yang variatif menarik komunikatif dan kooperatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62385 |
Actions (login required)
View Item |