Pengaruh model pembelajaran service-learning terhadap hasil belajar geografi SMA / Ardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran service-learning terhadap hasil belajar geografi SMA / Ardani

Ardani (2017) Pengaruh model pembelajaran service-learning terhadap hasil belajar geografi SMA / Ardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardani. 2016 . Pengaruh Model Pembelajaran Service-Learning Terhadap Hasil Belajar SMA Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Prof.Dr. Budijanto M.Sos Kata kunci Hasil Belajar Geografi Model Pembelajaran Service-Learning. Service-Learning adalah salah satu model pembelajaran konstruktifisme yaitu pembelajaran yang menekankan siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Tujuan pembelajaran Service-Learning adalah melatih siswa agar memiliki pengetahuan dan membentuk karakter siswa agar memiliki rasa peduli terhadap lingkungan sehingga memiliki rasa peduli yang tinggi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat maupun di sekitar sekolah. Service-learning membentuk pribadi siswa agar bisa berkomunikasi secara baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Service-learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas XI-IPS tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara mengambil dua kelas yang melihat kemampuan siswa yang hampir sama didasarkan pada nilai UAS semester ganjil. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan cara uji homogenitas untuk mengetahui nilai rata-ratanya setara atau variansnya homogen dengan bantuan program SPSS 17.00 For Windows. Subjek penelitian adalah kelas XI-IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI-IPS 2 sebagai kelas Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Service-Learning terhadap hasil belajar. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata gain score kelas kontrol 8 dengan rata-rata posttes sebesar 53 dengan rata-rata posttest sebesar dan rata-rata prettes 51. Kelas eksperimen mempunyai rata-rata gain score sebesar 26 dengan rata-rata posttest 83 dan pretest 48. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test pada SPSS 17.0 For Windows diketahui nilai sig. 2-tailed adalah 0.000 0.05. Jadi kesimpulannya ada pengaruh model pembelajaran Service-Learning terhadap hasil belajar geografi SMA. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini maka disarankan sebagai berikut para praktisi pendidikan disarankan mengimplementasikan model pembelajaran Service-Learning karena model ini dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan model Service-Learning untuk menguji lebih lanjut Model Pembelajaran Service-Learning dalam penelitian lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62384

Actions (login required)

View Item View Item