Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA / Bandarusin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA / Bandarusin

Bandarusin (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA / Bandarusin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bandarusin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis Prodi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si (2) Prof. Dr. Budijanto M. Sos. Kata kunci Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Proses dan Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa dalam suasana belajar kelompok siswa kurang aktif karena dominasi siswa yang pintar. Hal tersebut menyebabkan anggota kelompok yang lainya menjadi pasif. Untuk mengatasi masalah kurang aktifnya siswa dalam belajar guru perlu menerapkan model pembelajaran. Salah satu model yang dapat membangkitkan keaktifan belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Timbulnya keaktifan belajar pada pembelajaran Two Stay Two Stray karena masing-masing anggota memiliki peran yang harus dijalani sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap kelompok. Peran tersebut berupa penyampaian ide sebagai tamu dan sebagai penerima tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2015/2016. Penentuan subjek penelitian berdasarkan nilai rata-rata UAS siswa yang hampir sama pada pelajaran geografi. Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan secara acak. Hasilnya adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap proses belajar geografi siswa SMA. Pembelajaran Two Stay Two Stray mengakibatkan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Pembelajaran Two Stay Two Stray mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Saran yang bisa disampaikan dalam penelitian ini adalah (1) bagi guru dalam membelajarkan siswa supaya berjalan dengan baik seyogyanya guru geografi dalam menyampaikan materi yang membutuhkan keaktifan siswa guru menerapkan pembelajaran TSTS. Melalui model ini proses belajar dan hasil belajar lebih baik. (2) Bagi peneliti selanjutnya untuk menguji pengaruh pembelajaran TSTS pada lokasi jenjang pendidikan dan materi lain. Menambah variabel lain seperti motivasi keaktifan kemampuan pemecahan masalah dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62383

Actions (login required)

View Item View Item