Wisata bahari Kabupaten Donggala sebagai suplemen bahan ajar mata kuliah geografi pariwisata / Arifuddin Abd. Muis - Repositori Universitas Negeri Malang

Wisata bahari Kabupaten Donggala sebagai suplemen bahan ajar mata kuliah geografi pariwisata / Arifuddin Abd. Muis

Muis, Arifuddin Abd. (2017) Wisata bahari Kabupaten Donggala sebagai suplemen bahan ajar mata kuliah geografi pariwisata / Arifuddin Abd. Muis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abd Muis Arifuddin. 2016.WisataBahariKabupatenDonggalasebagaiSuplemenBahan ajar Mata KuliahGeografiPariwisata.Tesis JurusanPendidikanGeografi PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Drs. I. komangAstina M.S. Ph.D Kata Kunci bahan ajar pengembangan geografipariwisata Pembelajaran yang baikdapatmenunjangterhadapkualitaspendidikansehinggaperluadanyaacuan yang layakdalampembelajaran. Masalahpokok yang adapadabidangpendidikansaatiniadalahpendidiksalahmemilihacuanataupuntidakmemilikibahan ajar yang kontekstualuntukdimanfaatkandalammemberikanmateridengantepatkepadapesertadidik. Mengembangkanbahan ajar merupakansalahsatucarauntukmeningkatkanataumenjagakualitasdanefisiensidalampembelajaran. SecaraumumBahan ajar matakuliahgeografipariwisatabelumkontekstualkhususnyapadamaterikebijakandanstrategipengembanganpariwisata di provinsi Sulawesi tengah. Berdasarkanhasilanalisismasalahdankebutuhanterhadapbahan ajar cetak materiatauinformasi yang disampaikanbelummemberikanteori yang sesuaidengankondisi yang ada di sekitarmahasiswa. Olehkarenaitu pengetahuantentangdaerahpesisirdanlautKabupatenDonggalauntuk di kembangkanmenjadiEkowisatabahari dapatdimanfaatkandandikemassebagaisuplemenbahan ajarmatakuliahgeografipariwisata. Sehinggadenganpenelitianpengembanganiniselainmendapatkanpenambahanreferensibahan ajar yang kontekstual mahasiswajugadapatturutberperanaktifdalammemajukanpariwisata yang ada di daerahnyakhususnya di provinsi Sulawesi tengah. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model Borg Gall. Prosedurpenelitianterdiridarisepuluhlangkah namunhanyadilakukantujuhlangkah. Hal ini disebabkan karakteristik kurikulum dan karakter setiap mahasiswa berbeda serta melalui 3 kali revisi dan divalidasi oleh ahli. Model buku yang diadopsi yaitu versi dikti. Produk divalidasi beberapa ahli yaitu ahli materi desain pembelajaran bahasa praktisi sebelum diujicoba dalam kelompok kecil yaitu 10 mahasiswa dengan status yang sedang mengikuti maupun yang sudah lulus mata kuliah geografi pariwisata. Data hasil validasi dan uji coba berupa saran tanggapan dan penilaian sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk bahan ajar cetak yang dikembangkan mendapat respon positif dari validator dan mahasiswa. Produk secara keseluruhan mendapatkan persentase 81 73% dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Produk yang divalidasi oleh ahli menunjukkan persentase 80 63% dengan kualifikasi sangat layak untuk digunakan kelompok kecil. Persentase yang didapatkan dari hasil uji coba lapangan sebesar 86 15%. Pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat menjadi dorongan terhadap dosen dan mahasiswa untuk lebih kreatif danmemanfaatkanlingkungansekitarsebagaisumberbelajar. Saran diseminasi sebaiknya dilakukan sampai pada tahap evaluasi sumatif untuk mengetahui efektivitas bahan ajar. Saran pengembangan sebaiknya 1) penerapan tes skala kelompok yang besar 2) dilakukan eksperimen terhadap produk yang dihasilkan untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna terhadap beberapa aspek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62382

Actions (login required)

View Item View Item