Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode karya wisata pada pembelajaran bahasa Indonersia kelas V SDN Ngadirenggo IV Kabupaten Blitar / Agnes Prabaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode karya wisata pada pembelajaran bahasa Indonersia kelas V SDN Ngadirenggo IV Kabupaten Blitar / Agnes Prabaningrum

Prabaningrum, Agnes (2016) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode karya wisata pada pembelajaran bahasa Indonersia kelas V SDN Ngadirenggo IV Kabupaten Blitar / Agnes Prabaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabaningrum Agnes. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Karya Wisata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Ngadirenggo IV Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suhel Madyono M. Pd (II) Dra. Widayati M.H. Kata kunci keterampilan menulis puisi metode karya wisata Hasil observasi pembelajaran menulis puisi di SDN Ngadirenggo 04 kabupaten Blitar terdapat permasalahan di antaranya (1) guru kurang memanfaatkan sumber belajar (2) metode pembelajaran masih konvensional (3) rendahnya pengetahuan siswa tentang menulis puisi dan (4) siswa belum memahami unsur-unsur puisi. Hal tersebut menyebabkan (1) siswa kesulitan menentukan ide dan tema (2) pilihan kata (diksi) dan (3) isi puisi. Sehingga pada 3 dari 17 siswa (18%) yang mencapai KKM. Berkaitan dengan itu diperlukan penelitian keterampilan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode karya wisata dan peningkatan keterampilan menulis puisi di kelas V SDN Ngadirenggo 04 kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Data pada penelitian ini berupa data kualititif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dokumentasi tes angket dan catatan lapangan. Analisis data tiga kegiatan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh temuan pada siklus I siswa kurang antusias ketika diajak melakukan pengamatan di luar ruangan mengeluh kesulitan menulis puisi dan waktu menulis puisi cukup lama sehingga diperoleh persentase aktivitas sebesar 75 5% dengan kriteria cukup dan rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 41% dengan kriteria sangat kurang. Guru melewatkan beberapa deskriptor yang terdapat di RPP sehingga diperoleh rata-rata persentase aktivitas sebesar 84% dengan kriteria baik. Pada siklus II diperoleh temuan siswa sangat antusias ketika diajak melekukan pengamatan di luar kelas waktu yang digunakan untuk menulis cukup singkat dan berebut untuk membaca hasil karyanya. Sehingga diperoleh persentase aktivitas sebesar 95% dengan kriteria sangat baik dan rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 88% dengan kriteria baik. Guru melewatkan sebagian kecil deskriptor yang terdapat di RPP sehingga diperoleh rata-rata persentase aktivitas sebesar 94 5% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini (1)pelaksanaan metode karya wisata dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru dan (2) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dapat disarankan (1) bagi guru metode ini untuk meningkatkan hasil menulis puisi (2) bagi siswa memberi pengalaman belajar (3) bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6238

Actions (login required)

View Item View Item