Penerapan model problem based learning melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS 1 serta kompetensi pedagogik guru geografi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo / Eka Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS 1 serta kompetensi pedagogik guru geografi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo / Eka Andriani

Andriani, Eka (2017) Penerapan model problem based learning melalui lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IIS 1 serta kompetensi pedagogik guru geografi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo / Eka Andriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andriani Eka. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning melaui Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IIS 1 serta Memperbaiki Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Tesis Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Drs. I Komang Astina MS. Ph.D Kata Kunci problem based learning lesson study aktivitas belajar hasil belajar Permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran geografi selama ini adalah pada aktivitas belajar. Siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran terutama saat diskusi kelompok presentasi dan tanya jawab. Aktivitas belajar siswa yang kurang ternyata berdampak pada prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai ulangan harian dan mid semester yang menunjukkan sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM. Kurang optimalnya aktivitas dan hasil belajar ini dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan model pembelajaran yang inovatif di kelas. Hal ini disebabkan karena kurangnya pembinaan kompetensi guru geografi terutama dalam hal kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) melaui lesson study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta memperbaiki kompetensi pedagogik guru geografi di SMA. Model PBL melalui lesson study bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kegiatan lesson study digunakan untuk mendesain pembelajaran dan memperbaiki kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan ini juga diintegrasikan dengan kegiatan lesson study. Kegiatan lesson study dilakukan untuk mendesain tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IIS 1 yang berjumlah 35 siswa dan guru geografi di kelas tersebut. Teknik pengumpulan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Aktivitas dan hasil belajar dikatakan meningkat jika aktivitas belajar dan ketuntasan belajar klasikal melebihi 75%. Kompetensi pedagogik guru dikatakan mengalami perbaikan apabila kemampuan menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 19 92%. Hasil belajar juga meningkat secara cukup signifikan. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 53 12% meningkat menjadi 83 3% pada siklus II. Pembelajaran yang dirancang menggunakan lesson study mampu memperbaiki kompetensi pedagogik guru. Nilai kemampuan guru menyusun RPP dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 88 75 menjadi 92 92. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mengalami perbaikan nilai dari 86 58 pada siklus I menjadi 87 19 pada siklus II. Guru disarankan mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis LS baik di tingkat sekolah maupun MGMP untuk terus mengasah dan memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62379

Actions (login required)

View Item View Item