Penerapan guided discovery learning berbasis observasi lapangan pada materi kerusakan lingkungan hidup untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang / Ika Yunita Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan guided discovery learning berbasis observasi lapangan pada materi kerusakan lingkungan hidup untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang / Ika Yunita Indrawati

Indrawati, Ika Yunita (2016) Penerapan guided discovery learning berbasis observasi lapangan pada materi kerusakan lingkungan hidup untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang / Ika Yunita Indrawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati Ika Yunita. 2016. Penerapan Guided Discovery Learning Berbasis Observasi Lapangan pada Materi Kerusakan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan M.Pd M.P (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Keywords guided discovery learning observasi lapangan aktivitas belajar hasil belajar. Permasalahan dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS 3 yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 yang masih rendah. Dari 28 siswa hanya 12 siswa yang aktivitasnya berupa bertanya menjawab bekerja sama dalam kelompok menemukan masalah dan memecahkan masalah sedangkan 16 siswa lainnya hanya mendengarkan penjelasan guru dan diskusi. Hasil belajar geografi kelas XI IPS 3 dari 28 siswa hanya 7 siswa atau sebesar 25% yang nilainya tuntas. Berkaitan dengan permasalahan tersebut sungai menjadi salah satu laboratorium alam yang menarik bagi siswa untuk membantunya agar lebih mudah dalam menemukan konsep belajarnya sendiri. Oleh karena itu pembelajaran guided discovery berbasis observasi lapangan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi dengan penerapan metode pembelajaran guided discovery berbasis observasi lapangan. Pembelajaran ini mengajak siswa untuk melakukan observasi secara langsung ke sungai yang berada di depan pabrik gula Cukir. Siswa dituntun untuk melakukan pengamatan dan penyelidikan terhadap kualitas air sungai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 28 siswa laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran metode guided discovery learning berbasis observasi lapangan tes hasil belajar dan angket. Analisis data menggunakan perbandingan persentase rata-rata perolehan skor aktivitas dan hasil belajar pada siklus I dengan siklus II analisis deskriptif serta gain score. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 29 14% dan hasil belajar geografi sebesar 11%. Peningkatan hasil belajar geografi siswa dengan analisis gain score sebesar 0 4 dengan kriteria sedang . Kesimpulan peneliti penerapan Guided Discovery Learning berbasis observasi lapangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan dalam penerapan metode guided discovery learning berbasis observasi lapangan yaitu (1) guru harus sering mengingatkan siswa agar tidak larut dalam permainan (2) guru harus memotivasi siswa agar lebih kreatif ketika melakukan observasi di lapangan (3) pembelajaran pada siang hari akan lebih efektif jika dilakukan di luar kelas (4) perlunya menerapkan guided discovery learning dengan menggunakan objek nyata dan percobaan lainnya serta pada tingkat kelas dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62377

Actions (login required)

View Item View Item