Santoso, Agus (2016) Penerapan model Resource Based Learning (RBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IISW.1 pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam di SMA Negeri 1 Kedungpring Lamongan / Agus Santoso. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Santoso Agus. 2016. Penerapan Model Resource Based Learning (RBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IIS.1 pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam di SMA Negeri 1 Kedungpring Lamongan. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M.Pd. M.P (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Resource Based Learning (RBL) Hasil Belajar Permasalahan dalam pembelajaran geografi di kelas XI-IIS.1 SMA Negeri 1 Kedungpring yaitu (1) hasil belajar geografi siswa yang masih rendah (2) rendahnya minat belajar pada diri siswa (3) pemanfaatan sumber belajar di sekolah yang masih rendah dan kurang variatif (4) rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah dan (5) kurang optimalnya pemanfaatan sarana belajar di sekolah oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IIS.1 SMA Negeri 1 Kedungpring melalui penerapan model Resource Based Learning pada materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Tiap pertemuan menggunakan alokasi waktu 2 x 45 menit. Tiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran model Resource Based Learning. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kegiatan pra tindakan adalah 70 00. Siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 40. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80 70. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa diikuti dengan peningkatan hasil ketuntasan belajar secara klasikal. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada pra tindakan sebesar 30% pada siklus I meningkat menjadi 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan hingga ke siklus II melalui analisis gain score menunjukkan skor 10 70. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model Resource Based Learning di kelas XI-IIS.1 SMA Negeri 1 Kedungpring dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan dalam penerapan model Resource Based Learning yaitu (1) guru harus dapat mengelola waktu di luar jam pelajaran apabila memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar (2) suasana pembelajaran harus menyenangkan agar siswa lebih aktif (3) memberikan tindak lanjut apabila masih ada siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran dan (4) perlunya pemanfaatan lingkungan lainnya yang ada di sekitar siswa untuk dijadikan sebagai sumber belajar geografi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62375 |
Actions (login required)
View Item |